Irwan Febri Rialdi
Aksi Witan Sulaeman dalam pertandingan Persija Jakarta vs Borneo FC. (Dok. LIB)

Bolatimes.com - Persija Jakarta masih punya peluang untuk menjadi juara Liga 1 2022/23 kendati mereka terpaut jarak cukup jauh dengan PSM Makassar di puncak klasemen.

Jalan Persija tak akan lagi mudah untuk bersaing memperebutkan gelar juara Liga 1 musim ini setelah mereka kalah 1-3 dari Borneo FC pada Rabu (7/3/2023). 

Semakin sulit peluang Persija karena mereka masih punya pesaing terdekat dalam memperebutkan gelar juara Liga 1 yaitu Persib.

Untungnya, Persib Bandung juga menelan kekalahan di pekan ke-29 sehingga Perib dan Persija punya jarak yang sama-sama jauh dengan PSM.

Untuk saat ini, PSM unggul 10 poin dari Persib yang berada di urutan kedua. Mereka juga unggul 11 poin dari Persija yang duduk di peringkat ketiga.

Bedanya, PSM sudah memainkan 28 laga, sedangkan Persib dan Persija baru 27. Apabila PSM Makassar bisa meraih kemenangan pada tiga laga berikutnya, maka mereka bisa memastikan gelar juara pada pekan ke-32.

Kendati begitu, Persija Jakarta masih punya peluang untuk menjadi juara Liga 1 2022/23 dengan hitung-hitungan sebagai berikut.

Berharap Persib dan PSM Tergelincir

Salah satu yang benar-benar bisa membawa Persija Jakarta juara di Liga 1 musim ini adalah berharap PSM dan Persib tergelincir di sisa pertandingan mereka.

PSM masih menyisakan enam pertandingan dengan dua kali bermain laga kandang dan empat sisanya bermain tandang. Sedangkan Persib, masih menyisakan tujuh pertandingan.

Salah satu pertandingan Persib itu adalah laga melawan Persija yang harusnya berlangsung pekan lalu, tapi mesti ditunda lantaran keduluan izinya dengan konser Blackpink di Stadion GBK.

Persija sendiri masih menyisakan tujuh pertandingan. Jika mereka mampu meraih kemenangan di sisa tujuh laga ini, Persija punya peluang besar merebut gelar juara.

Dengan asumsi poin maksimal Persija di akhir musim adalah 72 poin jika memenangi tujuh pertandingan sisanya, poin ini masih bisa menyalip PSM.

Syaratnya, PSM minimal hanya bisa meraih tiga kemenangan dan tiga kekalahan di sisa enam pertandingan mereka. Jika skenario ini terjadi, maka perolehan poin akhir PSM hanya akan menjadi 71 poin.

Pun dengan Persib, jika mampu mengalahkan Persib di laga tunda mendatang, Persija masih berpeluang menjadi juara meski Persib selalu menang di enam laga sisanya.

Pasalnya, perolehan poin maksimal Persib di akhir musim dengan skenario ini hanya 70 poin.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More