Irwan Febri Rialdi
Cek fakta Arsene Wenger gantikan Shin Tae-yong. (YouTube/BOBOLA TV)

Bolatimes.com - Baru-baru ini, kanal YouTube BOBOLA TV mengunggah sebuah video dengan narasi bahwa Arsene Wenger dirumorkan menjadi pengganti pelatih Timnas Indonesia U-20. Benarkah hal ini sesuai fakta?

Informasi itu diunggah oleh kanal YouTube BOBOLA TV pada 23 Februari 2023. Dalam video tersebut disebutkan, Arsene Wenger akan menjadi pelatih baru Timnas Indonesia U-20 yang menggantikan Shin Tae-yong.

“Live Timnas Indonesia Sambut Arsene Wenger ke Indonesia sebagai Pelatih Baru,” bunyi judul video yang diunggah kanal YouTube BOBOLA TV.

Mereka juga menyertakan rumor bahwa seluk beluk penunjukkan Arsene Wenger ini tak terlepas dari kekalahan beruntun Timnas Indonesia U-20 dari Selandia Baru dan Guatemala pada laga turnamen mini internasional.

“Setelah mengalami kekalahan beruntun dari New Zealand dan Guatemala, kini Timnas Indonesia U-20 dirumorkan akan kedatangan pelatih baru, yakni Arsene Wenger, yang juga mantan pelatih klub Arsenal di Liga Inggris,” bunyi narasi dari video tersebut.

PENJELASAN

Narasi yang diunggah oleh kanal YouTube BOBOLA TV itu tidak didasarkan pada fakta apa pun. Sebab, tidak ada sama sekali perubahan pelatih kepala di Timnas Indonesia U-20.

Shin Tae-yong tetap dipercaya PSSI untuk menukangi Timnas Indonesia U-20 setelah dua kekalahan beruntun melawan Selandia Baru U-20 dan Guatemala U-20.

Tak hanya itu, pelatih asal Korea Selatan ini juga baru saja mendampingi Timnas Indonesia yang berjuang di Grup A Piala Asia U-20 2023.

Meskipun gagal lolos dari fase penyisihan grup, Shin Tae-yong disebut-sebut tetap akan menjadi pelatih Timnas Indonesia U-20 yang disiapkan untuk menghadapi Piala Dunia U-20 2023.

Tidak ada satu pun pernyataan resmi dari PSSI maupun para pejabatnya yang menyebutkan soal rencana penunjukkan Arsen Wenger sebagai juru taktik baru Timnas Indonesia U-20.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat dipastikan bahwa narasi dan informasi yang diedarkan oleh kanal YouTube BOBOLA TV itu tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Pasalnya, Shin Tae-yong tetap dipercaya menjadi pelatih kepala Timnas Indonesia di Piala Asia U-20 2023.  Arsene Wenger juga dipastikan tidak akan menggantikan juru taktik asal Korea Selatan itu.

Dengan demikian, informasi yang diunggah oleh BOBOLA TV melalui videonya tersebut dapat dikategorikan sebagai hoaks karena tidak sesuai dengan fakta sesungguhnya.

Sayangnya, sebagian besar respons publik terhadap video yang telah disaksikan lebih dari 195 ribu kali itu mempercayai informasi tersebut.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More