Husna Rahmayunita
Bidikan layar video 'Pemain keturunan Jerman dapat hidayah bela Timnas'. (YouTube/delan channel)

Bolatimes.com - Beredar informasi yang menyebutkan bahwa pemain keturunan menolak Jerman demi Timnas Indonesia. Benarkah informasi tersebut?

Informasi tersebut lahir dari unggahan di kanal YouTube bernama DELAN Channel, di mana mengklaim bahwa pemain keturunan tersebut menolak Jerman demi Timnas Indonesia.

Klaim tersebut terlihat dari judul bombastis dalam video yang diunggahnya dengan keterangan ‘KABAR TIMNAS INDONESIA TERBARU HARI INI 04 Maret 2023’.

Baca Juga:
Bangga! Duo Pemain Timnas Indonesia Masuk The Best Eleven Liga Super Malaysia

“TOLAK JERMAN DEMI INDONESIA!! PEMAIN KETURUNAN DAPAT HIDAYAH BELA TIMNAS - INI BUKTINYA,” begitu bunyi judul video yang diunggah kanal DELAN Channel tersebut.

Hingga artikel ini dibuat, video tersebut telah ditonton sebanyak 2075 kali terhitung sejak tanggal diunggahnya video tersebut pada 5 Maret 2023.

Akan tetapi, apakah informasi pemain keturunan menolak Jerman demi Timnas Indonesia yang diberikan oleh DELAN Channel dalam video tersebut benar adanya?

Baca Juga:
Ganti Pelatih Lagi, Arema FC Tunjuk Nakhoda dari Liga 2 untuk Jadi Nakhoda Baru

Penjelasan

Dalam video berdurasi 3 menit 51 detik itu, disebutkan bahwa Timnas Indonesia tengah krisis di posisi-posisi tertentu, terutama di sektor penjaga gawang.

Video itu menjelaskan bahwa Timnas Indonesia membutuhkan pemain di posisi penjaga gawang karena cederanya Nadeo Argawinata dan penampilan Syahrul Trisna yang menurun.

Baca Juga:
Pulangkan 17 Nama, Indra Sjafri Pilih Pemain untuk SEA Games 2023 juga Berdasarkan IQ

Sehingga video itu menjelaskan opsi naturalisasi pun perlu dilakukan untuk sektor tersebut dengan menaturalisasi kiper keturunan yang membela tim kasta tertinggi Liga Jerman, yakni Daniel Klein di FC Augsburg.

Video itu menjelaskan bahwa Daniel Klein belum pernah dipanggil Timnas Jerman. Alhasil fakta itu menjadi hal yang bagus jika dirinya ingin benar-benar membela Timnas Indonesia.

Bahkan, narasi video tersebut mengklaim bahwa Daniel Klein telah memberi kode untuk bisa dinaturalisasi Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Vonis Lebih Ringan Diterima Abdul Haris Panpel Arema di Tragedi yang Tewaskan 135 Suporter

Selebihnya, narasi video tersebut menjelaskan sepak terjangnya dan menyebutkan bahwa Daniel Klein nantinya bisa menjadi tambahan penting bagi Timnas Indonesia.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan video di atas, maka judul yang digunakan untuk video yang diunggah kanal DELAN Channel tidak sesuai dengan fakta yang ada.

Apalagi pada 2021 lalu, Daniel Klein secara tegas menolak membela Timnas Indonesia dan memilih Timnas Jerman sebagai negara yang ia representasikan.

“Aku tidak tahu untuk saat ini, aku pikir aku akan tetap di tim nasional Jerman”,” bunyi cuitan akun Twitter Football Talentnesia ID atau @FT_IDN.

Lalu dari sepak terjangnya, video tersebut mengungkapkan bahwa Daniel Klein belum pernah dipanggil oleh Timnas Jerman.

Akan tetapi situs Transfermarkt melampirkan catatan bahwa pemain keturunan Bali ini sudah kerap membela Timnas Jerman di level kelompok umur, yakni dari U-15 sampai U-19.

Dengan kata lain, informasi yang diedarkan oleh kanal YouTube DELAN Channel termasuk dalam kategori disinformasi dan hoaks karena tidak sesuai fakta yang ada.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More