Irwan Febri Rialdi
Penyerang Muangthong United asal Kenya, Eric Johana Omondi. (Dok. Muangthong)

Bolatimes.com - Tiga pemain bintang Kenya Kenya akan dibahas lebih lanjut dalam artikel kali ini karena negara asal Afrika ini dikabarkan menjadi lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday periode Maret 2023.

Kabar mengenai lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday mendatang mencuat di media sosial setelah akun Twitter asal Burundi @257Foot memberikan bocoran.

Disebutkan bahwa Timnas Indonesia bakal bertanding melawan dua negara asal Afrika yaitu Kenya dan Burundi. Dua lawan ini di atas kertas ada di bawah Curacao sebagai lawan di FIFA Matchday sebelumnya.

Baca Juga:
Persib Bandung Dibungkam Persik Kediri, Begini Respons Luis Milla

"Burundi akan bermain melawan Kenya dan Indonesia di laga persahabatan. Dua pertandingan itu akan dimainkan di Indonesia pada akhir bulan ini," cuit @257Foot, Rabu (8/3/2023).

Meski secara level ada di bawah Bolivia atau Tajikistan, Kenya dan Burundi punya peringkat FIFA lebih tinggi daripada Timnas Indonesia.

Secara ranking FIFA per 22 Desember 2022, Kenya berada di posisi ke-101 dengan 1202,26 poin. Sementara Burundi menduduki peringkat ke-141 lewat 1075,27 angka.

Baca Juga:
Mengukur Statistik Kartika Ajie Tanpa Kebobolan saat Dijamu Persib Bandung, Lima Penyelamatan Keren yang Bikin Kagum

Lantas, siapa saja pemain bintang dari Kenya? Berikut ulasanya!

1. Michael Olunga

Pemain bintang Kenya yang pertama adalah penyerang milik klub asal Qatar, Al-Duhail. Olunga yang kini berusia 28 tahun merupakan ujung tombak Kenya.

Baca Juga:
Akun FIFA Perhatian ke Timnas Indonesia, Beri Semangat usai Tersingkir dari Piala Asia U-20 2023

Olunga punya banyak pengalaman bermain di Asia, seperti membela klub China Guizhou Zhicheng hingga Kashiwa Reysol. Namun, Olunga juga pernah membela klub Spanyol, Girona.

Adapun di level tim nasional, Michael Olunga sudah mencatatkan 48 caps dengan torehan 21 gol buat Timnas Kenya.

2. Joseph Okumu

Baca Juga:
TC Timnas Indonesia jelang Piala Dunia U-20 bakal Digelar di Korea Selatan?, Ini Salah satu Faktornya

Pemain dengan nama lengkap Joseph Stanley Okumu ini merupakan penggawa klub kasta atas Belgia, KAA Gent. Ia sudah bermain di sana sejak 2021.

Pemain yang biasa beroperasi sebagai bek tersebut punya nilai pasar mencapai 6 juta euro atau setara Rp 97,64 miliar rupiah. Okumu sendiri sudah mencatatkan 17 caps buat Timnas Kenya.

3. Eric Johana Omondi

Pemain bintang Kenya berikutnya adalah penggawa klub Thailand Muangthong United. Eric Omondi Johana bergabung dengan Muangthong United sejak 2022.

Sebelum ke Thailand, pemain berusia 28 tahun itu banyak menghabiskan kariernya di Eropa, khususnya dengan klub Swedia dan Belgia.

Pemain yang berposisi sebagai sayap kiri tersebut tercatat sudah menorehkan 36 caps buat Timnas Kenya dengan koleksi empat gol.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More