Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong pada laga melawan Uzbekistan di Piala Asia U-20 2023 (pssi.org)

Bolatimes.com - Narasi yang dibangun akun YouTube Onews menyasar pada nasih Shin Tae-yong sebagai pelatih timnas Indonesia yang berada di ujung tanduk.

Lewat video yang diunggah pada Rabu (8/4/2023) Onews menggunakan judul 'Timnas Gagal Lagi! Taham Imbang Uzbekistan, Shin Tae-yong Diujung Tanduk'.

Video yang berdurasi selama 8 menit lebih itu sebenarnya tak membahas secara detail nasib Shin Tae-yong sebagai pelatih timnas Indonesia.

Baca Juga:
Klasemen BRI Liga 1: Persib Bandung Gagal Kejar PSM Makassar, Selamat Tinggal Juara?

Baik di kelompok umur maupun senior, penjelasan yang dibangun lebih mengarah pada jalannya pertandingan timnas Indonesia U-20 melawan Uzbekistan.

Pada laga pamungkas fase Grup A Piala Asia U-20 2023, Selasa (7/3/2023) di Stadion Istiqlol, Fergana yang berakhir dengan skor imbang 0-0.

Mengusung kegagalan timnas U-20 lolos dari fase grup Piala Asia U-20 2023, judul Onews terkesan mengarang dan tidak sesuai dengan penjelasan yang dijabarkan.

Baca Juga:
Tak Menyangka Timnas-nya Gagal Lolos, Media Vietnam Sebut Iran Dibantu Wasit

Bahkan sampai menit akhir pun narator dari akun YouTube Onews tak menjelaskan mengapa nasib Shin Tae-yong dikatakan di ujung tanduk dalam judulmnya.

Onews hanya menjelaskan komentar optimistis Shin Tae-yong jelang duel melawan Uzbekistan, sama sekali tidak menyentuh nasib pelatih asal Korea Selatan itu.

PENJELASAN

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1: Kalah 0-2 dari Persik Kediri, Persib Bandung Makin Jauh dari Gelar Juara

Timnas Indonesia U-20 memang menelan kegagalan di Piala Asia U-20 2023, target pun tak tercapai setelah tidak lolos dari fase grup.

Akan tetapi, tak ada pemberitaan valid mengenai nasib Shin Tae-yong meskipun kontrak pelatih asal Korea Selatan itu habis pada Desember 2023.

Wacana pergantian pelatih memang mencuat, namun fokus PSSI dan Shin Tae-yong saat ini beralih ke gelaran Piala Dunia U-20 2023 yang digelar di Indonesia.

Baca Juga:
Harapan Ayah Brandon Scheunemann Tak Terealisasi, Timnas Indonesia U-20 Gagal Lolos ke Piala Asia U-20 2023

Bukan membahas mengenai perpanjangan kontrak, bisa jadi diperpanjang atau tidaknya Shin Tae-yong diukur dari prestasi timnas U-20 di Piala Dunia.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, video yang disebar kanal YouTube Onews menggunakan narasi yang dibangunnya terkait nasib Shin Tae-yong tidak benar.

Video tersebut hanya menjabarkan jalannya pertandingan dan hasil laga timnas U-20 melawan Uzbekistan serta status di Piala Asia U-20 2023.

Inrformasi yang disebar kanal YouTube Onews dengan judul yang dituliskannya tidak sinkron, alias clickbait dalam jurnalisme.

Kontributor: Eko
Load More