Irwan Febri Rialdi
Beredar potret Theerathon Bunmathan gabung Persebaya Surabaya. (Facebook/Persebaya Bonek Bonita)

Bolatimes.com - Sebuah akun Facebook pendukung Persebaya Surabaya mengunggah foto yang memberikan ucapan selamat datang kepada kapten Timnas Thailand, Theerathon Bunmathan. Bagaimana faktanya?

Akun Facebook bernama Persebaya Bonek Bonita baru-baru ini tengah mengunggah sebuah foto yang berisi narasi bergabungnya Theerathon Bunmathan menuju Persebaya Surabaya.

Dalam foto tersebut, Theerathon Bunmathan juga tampak mengenakan jersey kandang Persebaya Surabaya yang berwarna hijau.

Dalam kolom caption-nya, akun Facebook Persebaya Bonek Bonita juga memberikan keterangan berisi narasi ucapan selamat datang untuk pemain andalan Timnas Thailand tersebut.

“WELCOME TO PERSEBAYA Theerathon Bunmathan,” tulis akun Facebook Persebaya Bonek Bonita.

Beredar potret Theerathon Bunmathan gabung Persebaya Surabaya. (Facebook/Persebaya Bonek Bonita)

Lalu, benarkah Theerathon Bunmathan bergabung menuju Persebaya Surabaya seperti yang dibagikan oleh akun Facebook tersebut? Berikut penjelasannya.

PENJELASAN

Sebagai informasi, Theerathon Bunmathan saat ini masih berstatus sebagai pemain klub kasta tertinggi Liga Thailand, Buriram United.

Theerathon juga telah bermain bersama klub tersebut sejak 16 Desember 2021. Jika merujuk pada laman resmi Transfermarkt, kontraknya masih akan berlangsung hingga 31 Desember 2025.

Tak hanya itu saja, Theerathon Bunmathan baru-baru ini juga mengunggah sebuah fotonya mengenakan jersey Buriram United.

Selain itu pula, Persebaya Surabaya juga tidak mengumumkan perekrutan pemain baru di tengah bergulirnya putaran kedua kompetisi Liga 1 2022-2023 ini.

Sebab, slot pemain asingnya untuk Liga 1 sudah komplet dengan empat pemain, yakni Leo Lelis, Ze Valente, Sho Yamamoto, dan Paulo Victor.

Artinya, Persebaya sudah tak bisa menambah satu pemain asing lagi karena menurut regulasinya, setiap tim hanya bisa menggunakan tiga pemain asing non-Asia dan satu pemain asing asal Asia.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa informasi yang disebarkan oleh akun Facebook Persebaya Bonek Bonita itu tidak benar.

Pasalnya, Persebaya Surabaya tidak merekrut pemain baru di tengah berlangsungnya putaran kedua kompetisi Liga 1 2022-2023 ini.

Dengan kata lain, informasi yang disebarkan oleh akun Facebook tersebut dapat dikategorikan sebagai hoaks karena tidak sesuai fakta.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More