Irwan Febri Rialdi
Presiden disebut akan menaturalisasi enam pemain keturunan, benarkah? (YouTube/Pengamat Soccer)

Bolatimes.com - Kanal YouTube Pengamat Soccer baru-baru ini telah menayangkan sebuah video yang membawa narasi bahwa Presiden Joko Widodo menaturalisasi enam pemain keturunan untuk Timnas Indonesia U-20.

Dalam video yang diunggah pada 4 Maret 2023 itu, kanal YouTube Pengamat Soccer menyebut bahwa ada tiga pemain keturunan tambahan yang bakal dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Narasi ini memang tergambar jelas dari judul yang digunakan oleh Pengamat Soccer. Mereka menyebut bahwa setidaknya ada enam pemain keturunan yang bakal diberi status warga negara Indonesia (WNI).

“Kabar Gembira Mendadak!! Presiden Naturalisasi Massal 6 Pemain Keturunan, Ini Buktinya,” bunyi judul kanal YouTube Pengamat Soccer.

Menurut Pengamat Soccer, enam pemain keturunan Indonesia-Belanda yang akan dinaturalisasi itu ialah Rafael Strucik, Ivar Jenner, Justin Hubner, Delano van der Heijden, Zico Soree, dan Tristan Gooijer.

Dari pantauan Bolatimes.com, video yang diunggah Pengamat Soccer itu sampai saat ini sudah hampir disaksikan sebanyak 10 ribu kali di YouTube.

PENJELASAN

Sebetulnya, proses naturalisasi yang saat ini ditempuh oleh PSSI hanya melibatkan tiga nama pemain, yakni Rafael Strucik, Ivar Jenner dan, Justin Hubner.

Hanya tiga pemain tersebut yang sudah dipastikan dinaturalisasi untuk menjadi warga negara Indonesia (WNI) dan akan memperkuat Timnas U-20 di Piala Asia U-20 2023.

Prosesnya juga sedang berjalan di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Namun, prosesnya memang sedikit tertunda karena DPR sedang memasuki masa reses.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, juga meminta kepada semua pihak untuk menghormati prosedur yang berlaku. 

"Kalau kita bicara naturalisasi pemain U-20, ya prosesnya sedang berjalan," kata Erick di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (6/3/2023).

"Terus kalau diminta secepatnya ya DPR saja sedang reses, jadi tidak mungkin terus kita keluarkan paspor. Keluarkan KTP palsu bisa berbahaya buat kita sebagai bangsa. Jadi, ada prosesnya dan kita akan kawal,” katanya.

Dengan kata lain, tiga nama pemain keturunan Indonesia lainnya, Delano van der Heijden, Zico Soree, dan Tristan Gooijer, tidak termasuk dalam daftar pemain yang tengah dinaturalisasi.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa judul yang digunakan oleh kanal YouTube Pengamat Soccer tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya.

Sebab, tidak ada proses naturalisasi massal yang dilakukan Presiden Jokowi. Hanya ada tiga nama pemain yang bakal benar-benar mendapatkan status sebagai WNI.

Informasi yang diedarkan oleh kanal YouTube Pengamat Soccer melalui video tersebut juga termasuk dalam kategori hoaks.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More