Irwan Febri Rialdi
Bek Persib Bandung, Victor Igbonefo. (Dok. Persib Bandung)

Bolatimes.com - BRI Liga 1 pada musim 2023/2024 kemungkinan akan memiliki aturan baru, yakni setiap klub peserta hanya boleh memiliki satu pemain naturalisasi dalam setiap klubnya.

Ide ini datang daru Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dalam acara Sarasehan Sepak Bola di Surabaya pada Sabtu (4/3/2023).

Ia mendorong agar setiap klub Liga 1 dan Liga 2 hanya diperkuat maksimal satu pemain naturalisasi.

Menurutnya, kebijakan ini penting untuk memberikan kesempatan pemain asli Indonesia tampil di lapangan.

"PSSI mengambil posisi, kalau bisa pemain naturalisasi hanya satu orang. Jika tidak, kapan pesepak bola Indonesia akan bermain," ujar Erick Thohir, dilansir dari Suara.com, Senin (6/3/2023).

Meski begitu, apa yang disampaikan Erick Thohir belum final. Usulan itu masih akan dibicarakan dengan pihak-pihak terkait, terutama klub-klub Liga 1 dan Liga 2.

"Ini bagian dari menata untuk mencari titik temu bersama dan belum tuntas," kata mantan presiden klub Liga Italia Inter Milan itu.

Andai benatr diterapkan, Persib Bandung akan dirugikan. Sebab, mereka adalah klub dengan pemain naruralisasi terbanyak, yakni tiga.

Ketiga pemain itu adalah Victor Igbonefo, Marc Klok, dan Ezra Walian.

Jika melihat situasi yang ada, Persib Bandung kemungkinan akan mempertahankan Marc Klok untuk musim depan karena peran vitalnya dalam klub.

Victor Igbonefo bisa dilepas karena faktor usia, sementara Ezra Walian memang jarang mendapatkan menit bermain di BRI Liga 1 2022/2023 dengan baru tampil 17 laga.

Load More