Irwan Febri Rialdi
Pemain Timnas Indonesia U-20 Hokky Caraka (kanan) bersama rekan setimnya melakukan selebrasi seusai berhasil mencetak gol ke gawang Timnas U-20 Suriah di kualifikasi Grup A Piala Asia U-20 di Stadion Lokomotiv, Tashkent, Uzbekistan, Sabtu (4/3/2023). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nz).

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-20 masih memiliki asa lolos dari fase grup Piala Asia U-20 2023, kemenangan atas Uzbekistan jadi kunci kelanjutan perjuangan skuad Garuda Nusantara.

Duel melawan Uzbekistan menjadi laga terakhir timnas Indonesia U-20 di babak penyisihan Grup A Piala Asia U-20 2023.

Saat ini skuad asuhan Shin Tae-yong mengoleksi tiga poin dari dua laga, dengan satu kemenangan dan satu kekalahan.

Tiga poin dari Uzbekistan nanti sangat berdampak pada kelanjutan perjuangan Garuda Nusantara di ajang ini.

Meskipun hal itu tidak mudah didapat, Uzbekistan masih jadi yang terkuat di Grup A dengan dua kemenangan yang ditorehkan.

Uzbekistan mengoleksi 6 poin dari dua kemenangan atas Suriah dan Irak, Indonesia sebenarnya juga berpotensi besar dikalahkan.

Meski begitu, sederet alasan bisa membalikkan pandangan pesimistis terhadap kualitas anak asuh Shin Tae-yong di laga nanti.

Beberapa alasan ini akan menjadi pembeda dari hasil pertandingan timnas Indonesia U-20 melawan Uzbekistan, berikut di antaranya.

1. Ambisi Timnas Indonesia U-20

Persiapan matang dilakukan Shin Tae-yong sebelum membawa timnas Indonesia U-20 ke Uzbekistan melakoni partai-partai besar di Piala Asia U-20 2023.

Hingga menit terakhir sebelum keberangkatan, timnas Indonesia U-20 masih dipoles dengan gelaran turnamen mini melawan tiga kontestan Piala Dunia U-20 2023.

Hal ini tentu membuktikan ambisi besar yang diusung Garuda Nusantara di Piala Asia U-20 2023, meski peluang tipis perjuangan melawan Uzbekistan bakal berlipat.

2. Kualitas Shin Tae-yong

Shin Tae-yong memiliki tugas besar selain membawa kemenangan untuk timnas Indonesia U-20, namun juga membuktikan kualitasnya sebagai pelatih jempolan dunia.

Berlatar belakang eks pelatih timnas Korea Selatan, CV Piala Dunia 2018 Rusia menambah mentereng statusnya di Piala Asia U-20 2023.

Ajang ini bakal jadi pembuktian baginya, kemenangan atas Uzbekistan adalah jawaban dari kemampuan Shin Tae-yong mendongkrak prestasi timnas Indonesia.

3. Pengalaman Bermain

Sempat menelan kekalahan dari Irak dengan skor 0-2, timnas Indonesia U-20 mencoba bangkit saat melawan Suriah lewat kemenangan tipis 1-0.

Dua pengalaman bertanding di Piala Asia U-20 2023 melawan Irak dan Suriah menjadi modal berharga bagi timnas Indonesia U-20 mengalahkan Uzbekistan.

Kini skuad Garuda Nusantara juga telah mengalami perkembangan signifikan, torehan kemenangan pun tak lagi jadi khayalan semata.

Kontributor: Eko
Load More