Irwan Febri Rialdi
Marc Klok. (PSSI)

Bolatimes.com - BRI Liga 1 2023/2023 pada musim depan akan semakin menarik. Selain adanya usulan pemain asing ASEAN, pemain naturalisasi setiap klub juga akan dibatasi.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyampaikan ide ini dalam acara Sarasehan Sepak Bola di Surabaya pada Sabtu (4/3/2023). Ia mendorong agar setiap klub Liga 1 dan Liga 2 hanya diperkuat maksimal satu pemain naturalisasi.

Menurutnya, kebijakan ini penting untuk memberikan kesempatan pemain asli Indonesia tampil di lapangan.

"PSSI mengambil posisi, kalau bisa pemain naturalisasi hanya satu orang. Jika tidak, kapan pesepak bola Indonesia akan bermain," ujar Erick Thohir, dilansir dari Suara.com, Senin (6/3/2023).

Meski begitu, apa yang disampaikan Erick Thohir belum final. Usulan itu masih akan dibicarakan dengan pihak-pihak terkait, terutama klub-klub Liga 1 dan Liga 2.

"Ini bagian dari menata untuk mencari titik temu bersama dan belum tuntas," kata mantan presiden klub Liga Italia Inter Milan itu.

Sementara itu, yang sudah disepakati dari klub-klub Liga 1 musim 2023/2024 adalah pemain asing dengan skema 5+1.

Artinya, setiap tim bisa diperkuat maksimal lima pemain asing nonASEAN dan satu pemain impor dari kawasan ASEAN.

Namun, dalam pertandingan, tim-tim Liga 1 setuju bahwa penerapan 5+1 itu berubah menjadi 4+1. Dengan demikian, ada satu pemain asing yang tidak masuk dalam daftar susunan pemain (DSP).

Load More