Husna Rahmayunita
Waketum PSSI Ratu Tisha Destria (ketiga kanan) memaparkan hasil keputusan Sarasehan Sepak Bola bersama sejumlah petinggi klub Liga 1 dan Liga 2, di Surabaya, Sabtu (4/3/2023). (ANTARA/Naufal Ammar Imaduddin)

Bolatimes.com - Sarasehan sepak bola Indonesia yang digagas PSSI di Surabaya, Sabtu (4/3/2023) menetapkan sejumlah kebijakan. Salah satunya, kompetisi Liga 2 2022/2023 dipastikan tak berlanjut.

Selain itu, mengenai kepastian kompetisi Liga 1 musim rencananya digelar Juli 2023 mendatang. Untuk Liga 2, jadwal kompetisi juga disesuaikan.

Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha Destria, memaparkan hasil sarasehan. Ia menyebut, nantinya ada slot waktu eksklusif untuk Liga 1 dan Liga 2 musim depan.

"Hasil kesepakatan ini adalah memberikan slot waktu yang eksklusif untuk Liga 1 dan Liga 2, Jadwal Liga 1 akan dimulai pada Juli 2023 dan berakhir pada April 2024, sedangkan Liga 2 dimulai pada November 2023 dan berakhir Juni 2024. Terkait perizinan pertandingan akan dipusatkan menjadi satu," kata Ratu Tisha saat konferensi pers seusai Saresehan.

Hal tersebut, lanjutnya, diharapkan menjadi strategi untuk meningkatkan nilai komersial dari penyelenggaraan pertandingan Liga Indonesia, baik Liga 1 maupun Liga 2.

"Akan ada slot eksklusif untuk Liga 1 bermain sendiri, kemudian akan ada yang bermain bersamaan dan ada juga slot eksklusif Liga 2 bermain sendiri juga," ujarnya.

Harapannya, menurut Tisha, bisa menjadikan kualitas kompetisi dan nilai komersial dari liga akan meningkat serta secara tidak langsung akan berdampak positif bagi pembinaan Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

"Termasuk kesejahteraan bagi klub-klub Liga 1 dan Liga 2," kata alumnus Institut Teknologi Bandung tersebut.

Selain itu, menurut penyandang gelar Master of Art dari program FIFA Master di International Centre for Sports Studies tersebut, PSSI akan membentuk team project management officer untuk membuat detail regulasi kompetisi liga.

"Tim tersebut akan melakukan pendetailan secara lebih rinci hal-hal apa yang dibutuhkan di dalam regulasi, baik di Liga 1 maupun Liga 2," terangnya.

(Antara)

Load More