Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Indonesia U-19, Arkhan Fikri berebut bola dengan pemain Thailand U-19 Sittha Boonlha dalam laga penyisihan grup Piala AFF U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (6/7/2022). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc)

Bolatimes.com - Zanadin Fariz dipastikan absen di Piala Asia U-20 2023. Ini menjadi kabar buruk datang buat Timnas Indonesia U-20 jelang melakoni laga perdana di Grup A.

Skuad Garuda Nusantara dijadwalkan menghadapi Irak pada laga perdana Grup A, Rabu (1/3/2023) malam WIB. Absennya Zanadin jelas menjadi kerugian besar buat Timnas Indonesia U-20.

Pasalnya selain kehilangan tenaga Zanadin, Timnas Indonesia U-20 sudah lebih dulu tidak diperkuat oleh Marselino Ferdinan yang masih harus membela klubnya di Belgia, KMSK Deinze.

Dengan begini, opsi pemain di lini tengah Timnas U-20 menjadi berkurang. Meski begitu, ada beberapa pemain yang bisa menggantikan peran Zanadin Fariz.

1. Arkhan Fikri

Pemain Timnas Indonesia U-19, Arkhan Fikri (kanan) berebut bola dengan pemain Timnas Myanmar U-19 dalam laga penyisihan Grup Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot, Bekasi, Minggu (10/7/2022). [ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah]

Sebetulnya Arkhan Fikri cukup sering dipasangkan dengan Zanadin Fariz di lini tengah Timnas Indonesia U-20. Arkhan Fikri sendiri kerap dipercaya Shin Tae-yong sebagai kapten.

Tidak hadirnya Marselino membuat pendar Arkhan Fikri lebih bersinar dan kemampuannya semakin berkembang. Ini terlihat dalam laga uji coba dalam persiapan sebelum Piala Asia U-20 2023.

Pemain berusia 18 tahun tersebut cukup mendapat kesempatan bermain musim ini di Arema dengan mencatatkan 12 penampilan di Liga 1.

2. Resa Aditya Nugraha

Pemain Persija Jakarta sekaligus Penggawa Timnas Indonesia U-120 Resa Aditya. (dok. Persija)

Salah satu nama baru di dalam skuad Timnas Indonesia U-20 ini juga cocok untuk menggantikan peran Zanadin Fariz. Gelandang milik Persija Jakarta itu punya kemampuan menyerang yang mumpuni.

Pemain berusia 18 tahun tersebut juga tampil cukup apik selama laga uji coba Timnas Indonesia U-20 menuju Piala Asia U-20. Salah satunya ia mencetak satu gol saat melawan Persija Youth.

3. Achmad Maulana Syarif

Shin Tae-yong sendiri sudah menegaskan bahwa rotasi yang dilakukan selama laga uji coba sebelum Piala Asia U-20 dimaksudkan untuk menemukan pengganti Zanadin Fariz.

Salah satu pemain yang layak mendapat kesempatan itu adalah gelandang Persija, Achmad Maulana Syarif. Dengan postur 182 cm, ia bisa menjadi sosok yang kokoh untuk berduel dengan pemain lawan bertubuh tinggi.

Selain bisa mengisi pos sebagai gelandang tengah, Achmad Maulana juga bisa beroperasi sebagai gelandang serang yang membuatnya punya kelebihan soal fleksibilitas posisi.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More