Husna Rahmayunita
Pemain Bolivia Leonel Justiniano (kiri) saat menghadapi bintang Senegal Sadio Mane di pertandingan persahabtan. (Christophe ARCHAMBAULT / AFP)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia terancam batal lawan Bolivia di FIFA Matchday Maret 2023. Beda halnya dengan Tajikistan yang sudah memastikan siap menghadapi Skuad Garuda.

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri menuturkan pihaknya terus melakukan nego dengan Bolivia. Terlebih lantaran negara ranking 82 dunia itu mendapat tawaran 'match fee' atau upah pertandingan yang lebih besar dari negara lain.

Menurut Indra Sjafri, jumlah match fee menjadi salah satu penentu ketika mengundang negara yang berperingkat 100 FIFA atau di atasnya seperti Bolivia.

Andai negara tersebut tak bersedia, PSSI pun mengusahakan lawan yang selevel untuk Timnas Indonesia.

"Sepertinya Tajikistan sudah oke. Namun, Bolivia tampaknya mendapatkan tawaran dari Arab Saudi dengan 'match fee' lebih besar. Jadi kami terus bernegosiasi dengan mereka. Kalau tidak bisa, kami akan cari lawan lain yang selevel (dengan Bolivia-red)," ujar Indra di Jakarta, Senin (13/2).

Per 22 Desember 2022, Bolivia memang menduduki posisi ke-82 di peringkat FIFA. Adapun Tajikistan duduk di anak tangga ke-108, sementara Indonesia di posisi ke-151 FIFA.

"Negara-negara di posisi 100 ke atas di peringkat FIFA biasanya sudah memasang tarif laga. Mereka meminta 'match fee' yang tidak sedikit," kata Indra, tanpa memberitahukan berapa nilai 'match fee' yang ditawarkan untuk Bolivia.

PSSI sengaja memilih tim-tim kuat untuk menghadapi Timnas Indonesia di laga resmi FIFA. Pada pertandingan persahabatan FIFA sebelumnya, September 2022, Timnas Indonesia dua kali melawan Curacao di Tanah Air.

Kala itu, Skuad Garuda besutan Shin Tae-yong memenangkan laga-laga itu dengan skor 2-1 dan 3-2. Saat partai itu berlangsung, Curacao berada di peringkat ke-84 FIFA dan Indonesia di posisi ke-155 FIFA.

Terkait lokasi pertandingan FIFA Match Day pada Maret 2023, Indra Sjafri pernah menyebut bahwa itu diupayakan berlangsung di Indonesia.

Andai mampu menundukkan lawan pada laga persahabatan bulan Maret 2023, posisi Indonesia di peringkat FIFA bisa terdongkrak.

Indonesia saat ini menjadi tim terbaik kelima di peringkat FIFA bila dibandingkan negara-negara dalam naungan AFF.

Vietnam menjadi negara dengan peringkat FIFA terbaik di lingkup AFF yakni di posisi ke-96. Di bawahnya ada Thailand (111), Filipina (134), Malaysia (145) dan Indonesia (151).

(Antara)

Load More