Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Doni Setiabudi mendaftar sebagai bakal calon ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota Exco PSSI.(Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

Bolatimes.com - Calon Ketua Umum PSSI, Doni Setiabudi, menjanjikan adanya VAR di kompetisi sepak bola Indonesia apabila bisa terpilih. Tak hanya Liga 1, tetapi juga Liga 2, dan Liga 3.

Doni Setiabudi adalah satu dari lima calon ketua umum PSSI periode 2023-2027. Selain Doni calon lainnya adalah Fary Djemi Francis, Arif Putra Wicaksono, Erick Thohir, dan La Nyalla Mattalitti.

Sebagai calon ketua umum PSSI tentu saja Doni punya program yang akan ditonjolkan. Salah satunya adalah menjadikan Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 modern dengan penggunaan VAR.

"Yang harus dilakukan tentu kompetisi yang berteknologi. Untuk Liga 1 hingga 3 terkait penggunaan VAR," kata Doni dalam acara Kaukus Sepak Bola Nasional oleh PSSI Pers di kawasan Senayan, Jakarta, Senin (13/2/2023) sore.

"VAR bisa perkecil mafia. Memang mafia tidak akan bisa diberantas dalam waktu singkat. Tapi kita bisa memperkecil ruang lingkup mafia agar tak masuk ke sepak bola. Salah satunya dengan teknologi VAR," jelasnya,

Lebih lanjut, Doni mengingatkan bahwa sepak bola amatir juga harus diperhatikan. Jika ia terpilih sepak bola di tingkat Asosiasi Provinsi (Asprov) akan dibuatkan operator seperti PT Liga Indonesia Baru (LIB).

"Sepak bola tidak hanya di level pro. Ada suatu sepak bola yang jarang disentuh, yaitu amatir berkaitan dengan Asprov. Harapan saya voters ke depannya punya PT LIB sendiri di setiap provinsinya," jelas Doni.

"Saat ini, kompetisi hanya digelar ala kadarnya karena keterbatasan anggaran. Saya tahu Asprov kekurangan SDM untuk mengelola kompetisi. Saya sarankan, bikin PT kompetisi seperti LIB. Jadi ini yang akan mengatur seluruh kompetisi," pungkasnya.

PSSI akan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) pada 16 Februari 2023. Dalam kesempatan itu akan terpilih ketua umum, dua wakil ketua umum, dan 12 anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2023-2027.

Load More