Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberikan keterangan saat konferensi pers di Gedung Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Senin (5/12/2022). [Suara.com/Alfian Winanto]

Bolatimes.com - Menpora Zainudin Amali turun tangan soal Persija Jakarta yang alot melepas pemain ke pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-20. Ia turut memohon karena Garuda adalah agenda negara.

Menpora Zainudin Amali sudah mendengar ada tim yang belum melepas pemain-pemainnya ke Timnas Indonesia U-20 untuk Training Camp (TC) persiapan Piala Asia U-20 2023. Oleh sebab itu, ia memohon kepada tim agar segera pemainnya diserahkan ke tim nasional.

Adapun tim yang diketahui belum melepas pemainnya ada empat dari Persija Jakarta yaitu Cahya Supriadi, Alfriyanto Nico, Muhammad Ferarri, dan Dony Tri Pamungkas. Lalu, tiga pemain Persib Bandung yakni Kakang Rudianto, Robi Darwis, dan Ferdiansyah.

Kemudian ada dua pemain lagi yang dikabarkan tengah berada di Eropa yaitu Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh. Alhasil, kini baru 21 pemain saja yang mengikuti TC.

"Tolong dukunglah persiapan timnas menuju Piala Dunia ini, tadi pak ketum (PSSI) Iwan Bule sudah menyampaikan ke Coach Shin Tae-yong dan disaksikan akan diurus bersama-sama. Kalau ada klub yang belum mengizinkan pemainnya, ini adalah kepentingan nasional, bukan kepentingan perorangan, itu yang harus kita ke depankan," kata Amali di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (9/2/2023).

"Memang berat, tapi kalau Merah Putih sudah memanggil, dulu pejuang-pejuang bangsa kita lebih dari itu, nyawanya yang dikorbankan. Jadi sekali lagi saya imbau klub yang memang pemainnya diminta untuk ikut dalam timnas tolong segera diizinkan," jelasnya.

Lebih lanjut, Amali meminta klub yang belum melepas pemainnya jika ada keberatan untuk berdiskusi dengan PSSI. Tentu nantinya sama-sama agar bisa dicarikan jalan keluar agar sama-sama tidak merugikan.

"Kalau ada masalah didiskusikan, kalau ada yang jadi keberatan silahkan datang ke pak ketum, bicara dengan Coach Shin, dengan direktur teknik Indra (Sjafri) nanti bisa diselesaikan," terang Amali.

"Kita dengan satu bangsa kok malah seperti dengan orang lain? jadi ini kepentingan nasional dan itu di atas segalanya. Mohon betul ini dipahami. Kemudian saya pertegas, para pemilik klub, pelatih, tergugah untuk kita bersama-sama demi kepentingan nasional," pungkasnya.

Adapun TC Timnas Indonesia U-20 sudah dimulai sejak 1 Februari lalu di mana buat Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan. Kejuaraan tersebut berlangsung pada 1-18 Maret 2023.

Nah, Piala Asia ini akan menjadi ajang pemanasan Piala Dunia U-20 2023 di mana Indonesia menjadi tuan rumah.

Load More