Irwan Febri Rialdi
Gelandang Sharjah Abdullah Kazim (kanan) menarik baju pemain depan Istiklol Manuchekhr Dzhalilov (tengah) selama pertandingan Grup A Liga Champions AFC pada 27 April 2022, di stadion King Fahd di ibukota Saudi, Riyadh. (AFP)

Bolatimes.com - Tajikistan dikabarkan bakal menjadi lawan Timnas Indonesia dalam laga FIFA Matchday 2023. Menariknya, ada beberapa oemain asal Tajikistan yang pernah merumput di Indonesia.

Sebagai informasi, munculnya nama Tajikistan sebagai lawan pada ajang FIFA Matchday periode Maret 2023 ini sempat diutarakan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong menyebut, sejauh ini memang belum ada kepastian 100 persen soal lawan. Namun, ada dua negara yang menjadi kandidat untuk dihadapi skuad Garuda pada FIFA Matchday periode Maret 2023.

Jika memang benar menjadi lawan Timnas Indonesia, maka kiprah para pemain asal Tajikistan di Indonsia patut dibahas.

1. Nuriddin Davronov

Pemain berusia 32 tahun ini tercatat pernah membela tiga klub berbeda di Indonesia. Kariernya di Liga 1 dimulai pada 2018 saat bergabung ke Madura United.

Selama membela Madura United, Davronov mencatatkan 15 penampilan dengan hanya mencetak satu gol. Ia lalu sempat meninggalkan Indonesia, lalu kembali pada 2021 untuk membela Borneo FC.

Di sana, kapten Timnas Tajikistan ini kembali mencatatkan 15 penampilan tanpa gol, lantas ia pindah ke Persita Tangerang tetapi cuma bertahan tiga bulan. Saat ini, Davronov membela klub India, Real Kashmir.

2. Manuchehkr Dzhalilov

Sama seperti Davrono, Manuchekhr datang pertama kali ke Indonesia pada 2018. Ia memulai kariernya di Indonesia berasama Sriwijaya FC.

Penyerang berusia 32 tahun tersebut mencatatkan 30 penampilan buat Sriwijaya dengan torehan 7 gol dan 5 assist di semua kompetisi.

Dia lalu diboyong oleh Persebaya Surabaya pada musim berikutnya. Dzhalilov kembali menjadi andalan, ia mampu mencetak 8 gol dan 7 assist dari 27 penampilan.

3. Fathullo Fathulloev

Fathulloev menjadi pemain Tajikistan dengan karier tersingkat di Indonesia. Ia datang pada 2018 untuk membela Persela Lamongan.

Namun belum juga mentas di Liga 1, Fathulloev sudah keburu dicoret oleh Persela usai tampil di turnamen pramusim Piala Presiden 2018.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More