Irwan Febri Rialdi
Potret aksi pemain Timnas Indonesia saat ditahan imbang Vietnam 0-0 di leg pertama semifinal Piala AFF 2022. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp)

Bolatimes.com - Sejauh ini, sejumlah negara ASEAN sudah memulai mempersiapkan dirinya untuk menghadapi ajang FIFA Matchday pada periode Maret 2023.

Ada beberapa negara yang sudah mendapatkan lawan tandingnya pada FIFA Matchday Maret 2023 ini. Meskipun demikian, masih ada banyak negara yang terlihat adem ayem.

Sebab, sejauh ini, mereka belum mengumumkan lawan-lawan yang akan dihadapi untuk memperebutkan poin pada pertandingan yang masuk kalender FIFA tersebut.

Tim pertama yang sudah memastikan dua lawannya pada periode ini ialah Timnas Myanmar. Mereka akan berpartisipasi pada ajang Tri-Nation FIFA friendly Football Tournament.

Menurut laporan dari @theaseanball, Myanmar bakal menantang dua negara pada kejuaraan ini, yakni India dan Kirgistan.

"Myanmar ikut dalam Tri Nations Friendly Tournament pada Maret. Timnas Myanmar akan bermain melawan India dan kirgistan di Imphal, India," cuit laporan The ASEAN Football tersebut.

Setelah itu, ada pula Timnas Thailand yang sudah mendapatkan lawan tangguh pada gelaran FIFA Matchday bulan Maret 2023. Lawan yang dimaksud ialah Irak.

Keputusan Timnas Thailand untuk menjajal kekuatan Irak memang bukan tanpa alasan. Sebab, mereka batal berpartisipasi pada ajang WAFF Championship 2023.

“Setelah diumumkan bahwa WAFF Championship 2023 bakal dibatalkan atau ditunda, Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) menghubungi Irak untuk menggelar laga uji coba pada ajang FIFA Matchday bulan Maret,” tulis ASEAN Football.

“Menurut rencana, pertandingan antara Irak melawan Thailand ini bakal berlangsung di Baghdad, Irak,” lanjutnya.

Sementara itu, beberapa negara Asia Tenggara lainnya sejauh ini belum mengumumkan soal lawan-lawan yang akan mereka hadapi di ajang FIFA Matchday.

Timnas Indonesia, misalnya, masih mencari lawan yang bakal dihadapi pada 20 hingga 28 Maret 2023 tersebut. 

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, menyebut bahwa lawan yang akan dihadapi kelasnya tak akan jauh berbeda dengan Curacao.

Berikut Jadwal Uji Coba Negara ASEAN di FIFA Matchday Maret 2023

Myanmar vs Republik Kirgistan (Tri-Nations FIFA Friendly Football Tournament)

Myanmar vs India ((Tri-Nations FIFA Friendly Football Tournament)

Thailand vs Irak (FIFA Matchday)

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More