Irwan Febri Rialdi
Pemain muda keturunan Indonesia, Kenzo Riedewald. (Instagram/@kenzoriedewald)

Bolatimes.com - Salah satu pemain keturunan Indonesia yang tersebar di luar negeri, Kenzo Riedewald, mendapatkan panggilan dari Timnas Suriname U-17 yang akan berkompetisi di ajang CONCACAF U-17 2023.

Selain Kenzo Riedewald yang bakal memperkuat Timnas Suriname U-17 di ajang ini, ada pula Timnas Curacao U-17 yang akan memanggil pemain keturunan Indonesia lainnya, yakni Demiane Agustien.

“International Duty #CONCACAFU17. Suriname dan Curacao kembali membuat kejutan dengan memanggil para diaspora mereka di usia muda,” tulis akun Twitter Football Talentnesia ID.

“Termasuk dua pemain yang memiliki darah Indonesia, Demiane Agustien (15/LW) (Derby County) dan Kenzeo Riedewald (15/LW) (Ajax),” lanjutnya.

Bisa dibilang, Kenzo Riedewald merupakan pemain yang namanya masih terlalu asing bagi publik pencinta sepak bola di Indonesia.

Namun, jika melihat latar belakang keluarganya, sebetulnya ia punya garis keturunan Indonesia. Darah itu diperoleh dari ayahnya. Bahkan, pamannya juga berstatus sebagai pesepak bola.

Profil Kenzo Riedewald

Merujuk pada laman Transfermarkt, Kenzo Riedewald merupakan pesepak bola muda yang punya dua kewarganegaraan, yakni Belanda dan Suriname.

Sejak masih berusia muda, Kenzo Riedewald memang sudah memulai perjalanannya untuk menimba ilmu sepak bola di Belanda.

Pada mulanya, Kenzo berlatih bersama akademi sepak bola milik FC Utrecht (2017-2019). Lalu, dia sempat pindah-pindah akademi.

Tercatat, Kenzo pernah ditempa di BFC Bussum (2019-2020), Almere City (2020), RKAVIC Amstelveen (2020-2022), hingga yang terakhir bersama Ajax Amsterdam (2022).

Namun demikian, marga Riedewald ini memang tak jauh-jauh dari Indonesia. Sebab, pamannya, Jairo Riedewald, juga menekuni karier di dunia sepak bola.

Bahkan, Jairo Riedewald pernah mengunjungi Indonesia, tepatnya ketika skuad Ajax Amsterdam melakoni tur ke Indonesia pada medio Mei 2014.

Dalam momen itu pula, Jairo memeberkan kepada publik bahwa dia bisa berbahasa Indonesia karena memiliki garis keturunan Indonesia.

"Bahasa Indonesia saya hanya tahu sedikit sekali, saya hanya bisa mengucapkan apa kabar dan terima kasih," ujarnya pada wartawan di SUGBK.

"Nenek dan ibu saya berasal dari Indonesia, mereka lama menetap di Suriname. Kadang mereka juga sering membicarakan tentang negara ini dan memasak makanan khas di sini, tapi saya tidak ingat namanya."

Untuk saat ini, Jairo Riedewald berkarier di Liga Primer Inggris bersama Crystal Palace. Dia juga pernah bermain bersama Timnas Belanda sejak mencatat debut pada 6 September 2015.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More