Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha
Penyerang Persija Jakarta, Abdulla Yusuf Helal melakukan selebrasi. (Twitter/@Persija_Jkt)

Bolatimes.com - Hasil BRI Liga 1, Persija Jakarta menaklukkan RANS Nusantara FC dengan skor 3-1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (3/1/2023). Persija Jakarta kini memuncaki klasemen sementara.

Gol-gol Persija ke gawang RANS Nusantara FC dicetak oleh Abdulla Yusuf Helal lewat titik putih pada menit ke-27, disusul gol Rio Fahmi sepuluh menit kemudian.

Sementara gol pengunci kemenangan Persija dicetak oleh Ondrej Kudela lewat titik penalti di menit 71. Sedangkan satu-satunya gol RANS dalam laga itu dicetak oleh Mitsuru Maruoka menit 45+1.

Kemenangan ini mengantar Persija ke puncak klasemen sementara BRI Liga 1. Mengantongi 44 poin, Macan Kemayoran menggusur Persib Bandung (42 poin) ke posisi dua.

Jalannya pertandingan

Selaku tuan rumah Persija tampil ngotot sejak bola digulirkan. Abdulla Yusuf Helal dan kawan-kawan sudah bombardir pertahanan RANS lewat beberapa percobaan.

Peluang emas didapat Persija di menit 27 setelah wasit menunjuk titik penalti menyusul pelanggaran keras yang dilakukan pemain tim tamu. Abdulla Yusuf yang maju sebagai algojo sukses mencatatkan namanya di papan skor.

Unggul satu gol, Persija semakin intens dalam menggedor pertahanan lawan. Riko Simanjuntak sempat mendapat peluang namun tendangannya melambung tinggi di atas mistar gawang

Memasuki menit 37 gawan RANS kembali bergetar. Halauan yang kurang sempurna dari Wawan Hendrawan harus dibayar mahal setelah bola liar disambar oleh Ilham Rio Fahmi. Persija memimpin 2-0.

RANS sulit sekali keluar dari tekanan dalam pertandingan ini. Serangan yang coba dibangun selalu berhasil dipatahkan pemain-pemain Persija.

Namun, Persija kecolongan di menit akhir babak pertama. Berawal dari serangan balik Mitsuru Maruoka mencetak gol indah ke gawang Andritany Arhiyasa.

Skor 2-1 buat keunggulan sementara Persija tidak berubah hingga turun minum.

Thomas Doll mengubah taktik di babak kedua. Tim kesayangan Jakmania itu meningkatkan intensitas serangan meski pertahanan RANS masih cukup kokoh.

Persija kembali mendapat penalti setelah pemain asing anyar RANS Nusantara FC Mbobo Lokwa melakukan hand ball di kotak terlarang. Ondrej Kudela yang dipercaya sebagai algojo sukses menggetarkan gawang RANS di menit 71 sekaligus mengubah kedudukan menjadi 3-1.

Seakan mengendurkan serangan, Persija bermain lebih santai dengan banyak memainkan bola di area pertahanan sendiri.

Lima menit jelang selesainya waktu normal pertandingan, RANS mulai menekan pertahanan Persija. Namun gagal mengubah papan skor. Hingga laga usai, skor 3-1 untuk kemenangan Persija tetap bertahan.

Load More