Irwan Febri Rialdi
Marselino Ferdinan jalani latihan dengan KSMK Deinze. (Twitter/@KMSKDeinze)

Bolatimes.com - Kabar bergabungnya wonderkid timnas Indonesia dan Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan ke salah satu klub Eropa menjadi perbincangan hangat saat ini.

Sejarah kembali tercipta saat salah satu putra terbaik Tanah Air menapakan kaki di kompetisi sepak bola Eropa, giliran Marselino Ferdinan.

Marselino Ferdinan resmi meninggalkan Persebaya Surabaya dan merumput di Liga Belgia bersama salah satu klub kasta kedua kompetisi, KMSK Deinze.

Diikat kontrak selama 1,5 tahun, menjadi pertama kalinya bagi sang pemain bermain untuk klub luar negeri dan menjadi pemain kesekian Indonesia memutuskan hal itu.

Kepindahan pemain berposisi sebagai gelandang serang itu menambah panjang daftar pemain muda Indonesia yang memilih berkarier di luar negeri.

Khususnya di Eropa, saat ini setidaknya ada 4 pemain muda Tanah Air yang sedang berjuang berkarier di level sepak bola Benua Biru.

Sandy Walsh dan Shayne Pattynama, meski sedikit terdengar cukup aneh mengingat kedua pemain merupakan produk naturalisasi di rezim Shin Tae-yong.

Selain itu adapula pemain keturunan asal Inggris, Elkan Baggott yang bermain di untuk klub kasta ketiga Liga Inggris, Ipswich Town dan tengah dipinjamkan ke Cheltenham FC dari Gillingham FC.

Adapula Bagus Kahfi, alumni Garuda Select yang sempat merasakan kerasnya karier sepak bola di kompetisi muda Liga Belanda bersama FC Utrecht.

Lepas dari Belanda, Bagus hijrah ke Yunani setelah sempat berstatus tanpa klub, Asteras Tripolis menjadi klub baru pemain berusia 21 tahun tersebut.

Berikut ini daftar pemain muda Indonesia yang tengah berkarier di Eropa.

Sandy Walsh - KV Mechelen, Belgia
Elkan Baggott - Cheltenham Town FC, Inggris
Shayne Pattynama - Viking FK, Norwegia
Amiruddin Bagus Kahfi - Asteras Tripolis, Yunani
Marselino Ferdinan - KMSK Deinze, Belgia

Kontributor: Eko
Load More