Irwan Febri Rialdi
Bek Persebaya Surabaya, Otavio Dutra dipanggil ke Timnas Indonesia. [@otaviodutra5_indonesia]

Bolatimes.com - Persija Jakarta resmi melepas bek naturalisasi asal Brasil, Otavio Dutra. Tapi, Dutra tak dilepas permanen melainkan dipinjamkan.

Selain Dutra, Macan Kemayoran juga melepas Braif fatari secara permanen. ini merupakan manuver terbaru dari Persija di bursa transfer paruh kedua Liga 1 2022/23.

“Terima kasih untuk Braif yang selama ini telah memberikan warna dalam perjalanan Persija di Liga 1. Semoga Braif bisa mendapatkan momentum untuk bangkit dan makin bersinar di klub baru,” ucap Mohamad Prapanca, Presiden Persija.

“Dutra kami pinjamkan agar ia mendapatkan jam bermain. Pada dasarnya, kami sangat memprioritaskan perkembangan seorang pemain sehingga ada keputusan ini. Kami harap Dutra bisa mendapatkan banyak kesempatan di tim lain,” tambahnya.

Dutra sendiri datang ke Persija pada 2020, namun masalah cedera membuatnya kesulitan mendapat tempat utama. Kini saat Thomas Doll datang, ia semakin sulit bersaing dengan bek lain.

Selama dua tahun terakhir di klub Ibu Kota, Otavio Dutra cuma memainkan 25 pertandingan dengan mencatatkan 2 gol. Otavio Dutra sendiri sudah bermain di Indonesia sejak 2010 dan kini telah berstatus WNI. Oleh karena itu, klub Liga 1 punya keuntungan untuk merekrutnya karena tidak dihitung sebagai pemain asing.

Lantas, klub mana saja yang bisa jadi labuhan baru Otavio Dutra?

1. Bhayangkara FC

Bhayangkara FC menjadi klub Indonesia paling lama yang pernah diperkuat oleh Dutra sepanjang kariernya. Ia bermain untuk The Guardians dari 2014 hingga 2017.

Bersama Bhayangkara FC, Dutra juga berhasil meraih gelar juara Liga 1 2017. Kebersamaannya yang manis bersama Bhayangkara FC, berpeluang membuatnya kembali ke sana.

Terlebih saat ini Bhayangkara FC sedang terseok-seok di papan klasemen. Hingga pekan ke-21, Bhayangkara tertahan di peringkat ke-15 dengan 20 poin saja.

2. RANS Nusantara

Sebagai tim promosi, penampilan RANS Nusantara FC masih belum konsisten di Liga 1 2022/23. Oleh karena itu, mereka berpotensi mendatangkan pemain berpengalaman seperti Otavio Dutra.

RANS saat ini berada di zona merah dengan menempati peringkat ke-16. Klub yang dimiliki oleh Raffi Ahmad itu cuma mengoleksi 17 poin.

Hadirnya sosok Rahmad Darmawan di kursi pelatih juga makin memperbesar kemungkinan Dutra berlabuh ke RANS Nusantara.

3. Persik Kediri

Sama seperti RANS, Persik Kediri juga ada di zona merah. Mereka bahkan sedang menghuni dasar klasemen dengan hanya mengoleksi 16 poin.

Persik mencanangkan perombakan tim di putaran kedua Liga 1 musim ini, besar kemungkinan salah satunya memperbaiki lini belakang.

Sosok seperti Otavio Dutra berpeluang untuk jadi opsi perekrutan paling atas oleh Persik Kediri.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More