Rauhanda Riyantama
Momen bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott mencetak gol saat Gillingham FC taklukkan Dagenham & Redbridge 3-2 dalam laga ulangan putaran kedua Piala FA 2022-2023, Jumat (9/12/2022) dini hari WIB. [Twitter/@TheGillsFC]

Bolatimes.com - Prediksi susunan pemain Timnas Indonesia bakal mengalami perubahan setelah Elkan Baggott dipastikan absen di turnamen Piala AFF 2022.

Sebelumnya, Elkan Baggott memang terpaksa bertahan bersama klubnya, Gillingham FC, ketimbang memenuhi panggilan Timnas Indonesia yang tengah bersiap menghadapi Piala AFF 2022.

Neil Harris selaku pelatih Gillingham FC menjelaskan itu merupakan keputusan Elkan Baggott sendiri yang memilih bertahan bersama klubnya dan merelakan peluang membantu Indonesia menghadapi Piala AFF 2022.

Baca Juga:
Jelang Piala AFF 2022, Timnas Indonesia Ditinggal 1 Pemain di Posisi Kiper

Harris menyebut keputusan yang dibuat Elkan Baggott sangat sulit. Dia pun memuji ketegasan serta ketangguhan mental sang pemain dan menegaskan Gillingham FC mendukung keputusan itu sepenuhnya.

"Saya pikir keputusan seperti ini untuk seorang pemuda yang baru berusia 20 tahun, dipanggil untuk bermain di Piala AFF atau bertahan dan berjuang untuk tim yang Anda pinjam adalah keputusan yang sangat sulit untuk dibuat," kata Neil Harris dikutip dari Kent Online, Jumat (16/12/2022).

Selebrasi Elkan Baggott bersama rekan-rekan Timnas Indonesia usai membantai Nepal. (Dok. PSSI)

Dengan absennya Elkan Baggott, daftar susunan pemain skuad Garuda Muda pun juga diprediksi mengalami perubahan di sektor pertahan.

Baca Juga:
Jadwal BRI Liga 1 2022 Sore Ini: Big Match Persis Solo vs Persib Bandung

Untuk posisi penjaga gawang, Shin Tae-yong sepertinya masih akan mempercayakan sektor ini kepada kiper Bali United, Nadeo Argawinata.

Sementara itu, dengan skema 3-4-3, tiga pemain bertahan yang bakal mengisi posisi ini ialah Jordi Amat, Rizky Ridho, dan Fachruddin Aryanto.

Adapun dua pemain yang diplot sebagai wingback ialah Pratama Arhan di sektor kiri dan Asnawi Mangkualam untuk sisi kanan.

Baca Juga:
Begini Kondisi Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2022, Siap jadi Juara?

Di lini tengah, Shin Tae-yong diprediksi memasang duet gelandang Persib Bandung, yakni Marc Klok dan Ricky Kambuaya.

Lalu, dua pemain yang bakal menyisir sektor sayap penyerangan ialah Witan Sulaeman dan Saddil Ramdani. Posisi keduanya bisa sangat cair dan fleksibel.

Dengan kemampuan olah bola dan akurasi umpan, Witan dan Saddil bakal bertugas untuk menyediakan servis matang untuk Ilija Spasojevic yang bakal dipercaya menjadi ujung tombak Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Baca Juga:
Luka Modric Belum Niat Pensiun usai dari Timnas Kroasia usai Juara 3 Piala Dunia 2022

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Timnas Indonesia (3-4-3): Nadeo Argawinata; Jordi Amat, Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto; Asnawi Mangkualam, Ricky Kambuaya, Marc Klok, Pratama Arhan; Saddil Ramdani, Ilija Spasojevic, Witan Sulaeman;

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More