Irwan Febri Rialdi
Rafael Struick saat membela Timnas Indonesia U-20. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Kepastian soal proses naturalisasi yang akan dijalani oleh Rafael Struick tentu mungkin menghadirkan ancaman bagi sejumlah pemain Timnas Indonesia U-20.

Pasalnya, pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, akhirnya resmi mengajukan permohonan naturalisasi Rafael Struick kepada PSSI untuk segera ditindaklanjuti.

Dengan kata lain, Shin Tae-yong sudah melihat potensi besar yang dimiliki Rafael. Sehingga, dia menginginkan pemain ADO Den Haag ini untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia U-20.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memastikan bahwa pihaknya akan segera mengajukan proses naturalisasi untuk Rafael Struick agar bisa memperkuat Timnas Indonesia U-20.

"Kalau soal itu (Rafael Struick dan Zico Soree) sudah mengajukan ke kami. Tentunya apa yang ditentukan oleh pelatih, kami harus akomodir," kata Iriawan di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (15/12/2022).

Berikut Bolatimes.com menyajikan nama-nama pemain Timnas Indonesia U-20 yang berpotensi dicoret karena kehadiran pemain naturalisasi, Rafael Struick.

1. Muhammad Akrom

Muhammad Akrom menjadi satu-satunya nama pemain Timnas Indonesia U-20 yang berasal dari klub Liga 2, yakni Persikab Kabupaten Bandung.

Penyerang berusia 19 tahun ini juga tak terdengar kiprahnya ketika mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-20 di Eropa.

Bukan tidak mungkin, Akrom bakal tersisih dari seleksi ketat di skuad Timnas Indonesia U-20. Apalagi, di posisi ini, dia juga bakal bersaing dengan Rafael Struick yang baru saja memulai proses naturalisasi.

2. Ferdiansyah

Pemain sayap Persib Bandung, Ferdiansyah, juga berpotensi untuk angkat kaki dari skuad Timnas Indonesia U-20 karena hadirnya Rafael Struick.

Meski sempat tampil impresif bersama Timnas Indonesia U-19 di ajang Piala AFF U-19 2022, kini nama Ferdiansyah seperti tenggelam.

Dia juga tak kunjung mencatatkan menit bermain bersama Persib Bandung. Nasibnya tak sama seperti Robi Darwis yang pelan-pelan mulai mendapat tempat utama.

Di sektor sayap, Ferdiansyah bisa aja dicoret dari Timnas U-20. Apalagi, di posisi ini ada Rafael Struick yang bisa bermain di dua sektor sayap.

3. Achmad Maulana Syarif

Yang terakhir, ada Achmad Maulana Syarif yang juga berpeluang untuk tersingkir dari persaingan Timnas Indonesia U-20 karena hadirnya Rafael Struick.

Pasalnya, jika dibandingkan dengan nama-nama pemain lainnya di posisi gelandang serang, Achmad Maulana masih terlalu minim pengalaman.

Sebab, di saat para pemain lain sudah bisa menembus tim utama, pemain berusia 19 tahun ini statusnya masih sebagai pemain Persija Jakarta U-19. 

Oleh karena itu, Rafael Struick berpeluang besar untuk mendepak Achmad Maulana dari skuad Garuda Muda.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More