Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Elkan Baggott saat merayak gol bersama GIllingham FC (Instagram/@gfcofficial)

Bolatimes.com - Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, mengaku masih berharap Elkan Baggott bisa Timnas Indonesia di Piala AFF 2022., meski sang pemain dilaporkan dipastikan tidak bergabung.

Hal ini seperti disampaikan Pelatih klub Elkan Baggotr, Gillingham FC, Neil Harris. Ia menyebut pemain yang dipinjam dari Ipswich Town itu memilih bertahan di klub mengingat kondisi yang ada.

Adapun Gillingham memang sedang dalam posisi tidak baik-baik saja. Hingga pekan ke-21, Gillingham terbenam di dasar klasemen League Two alias kompetisi kasta keenan Liga Inggris.

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri dan Wakil Sekjen PSSI Maaike Ira Puspita saat ditemui di kawasan GBK, Jakarta (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

Terkait hal ini, Indra memaklumi dan tidak bisa memaksa. Pasalnya, Piala AFF bukan agenda FIFA, sehingga sah-sah saja klub tidak melepas pemain-pemainnya ke tim nasional.

"Teman-teman sendiri juga kan tahu bahwa AFF ini tidak termasuk dalam kalender FIFA yang mewajibkan para pemain diberikan ke tim nasional," kata Indra Sjafri kepada awak media, Jumat (16/12/2022).

Indra menjelaskan Elkan adalah salah satu pemain yang diinginkan Pelatih Shin Tae-yong. Meski kecil peluang sang pemain merapat, namun eks juru taktik Timnas Indonesia U-19 masih berharap.

"Saking kita inginnya mereka bergabung semua, coach Shin Tae-yong datang ke Inggris menemui Elkan Baggot dan di situ coach Shin Tae-yong menyampakan mungkin tidak perlu semua pertandingan Elkan baggot bisa bermain, tetapi ada pertandingan yang mungkin Elkan Baggot bisa bermain," jelasnya.

"Tapi sampai detik ini belum ada jawaban yang secara pasti yang diberikan oleh klub Elkan kapan dia bisa dilepas," sambung mantan pelatih Bali United itu.

Indra masih berharap Elkan Baggott bisa bergabung. Namun, ia tidak bisa menjamin dan memaksa keputusan sang pemain atau klub terkait tak gabung ke tim nasional.

"PSSI komunikasi, saya juga komunikasi dengan Elkan sampai detik ini dia masih belum bisa memastikan klubnya di pertandingan mana dia bisa dilepas nanti," terangnya.

"Saya tidak bisa jamin itu (harapan), tetapi saya yakin dengan skuad yang ada sekarang kita cukup untuk bisa menghadapi minimal di pertandingan grup ini," pungkasnya.

Load More