Husna Rahmayunita
Gol debut Elkan Baggott di timnas Indonesia yang dicetak ke gawang Malaysia di Piala AFF 2020. (Dok. Piala AFF)

Bolatimes.com - Elkan Baggott menunjukkan sinyal kuat absen dari Piala AFF 2022. Setidaknya ada tiga pemain yang bisa menggantikan posisinya di Timnas Indonesia pada ajang ini.

Bek keturunan Indonesia, Elkan Baggott, menunjukkan sinyal kuat yang mengindikasikan dirinya akan absen dari event dua tahunan terakbar di Asia Tenggara yakni Piala AFF 2022.

Indikasi ini lahir dari padatnya jadwal yang akan dilakoni oleh klubnya, Gillingham FC, di periode akhir tahun ini.

Saat Piala AFF 2022 digelar, Gillingham FC akan melakoni dua pertandingan penting yakni pertandingan League Two dan juga Piala Liga Inggris.

Di League Two, jasa Elkan Baggott amat dibutuhkan oleh Gillingham FC yang tengah berupaya keluar dari papan bawah klasemen.

Selain itu, pemain berusia 20 tahun itu juga diharapkan bisa tampil di Piala Liga Inggris melawan klub Premier League, Wolverhampton Wanderers di babak 16 besar.

Dengan padatnya jadwal Gillingham FC serta status Piala AFF 2022 sebagai kompetisi non resmi FIFA, besar kemungkinan Elkan Baggott tak akan berpartisipasi di edisi kali ini.

Dengan kondisi tersebut, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia pun harus memutar otak untuk mencari pemain yang bisa menutup peran Elkan Baggott di Piala AFF 2022 nanti.

Dengan melihat skuad Timnas Indonesia saat ini, kira-kira siapa saja pemain yang bisa menggantikan peran Elkan Baggott? Berikut daftarnya.

1. Hansamu Yama

Bek Timnas Indonesia Hansamu Yama. (ANTARA/HO istimewa)

Jelang Piala AFF 2022, Shin Tae-yong memanggil sosok Hansamu Yama yang telah lama tak merasakan pemanggilan ke Timnas Indonesia.

Alasan Shin Tae-yong memanggilnya untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) dikarenakan penampilan apik eks Timnas Indonesia U-19 itu bersama Persija Jakarta.

Kebetulan pemain berusia 27 tahun itu bermain di posisi yang sama dengan Elkan Baggott, yakni bek tengah kiri dalam formasi tiga bek yang dimainkan Persija.

Dengan penampilan apiknya bersama Persija dan absennya Elkan Baggott, ada kemungkinan Hansamu Yama akan diandalkan Shin Tae-yong di Piala AFF 2022.

2. Rizky Ridho

Rizky Ridho. (Dok. PSSI)

Hadirnya Jordi Amat sempat membuat sosok Rizky Ridho diragukan akan menjadi andalan di lini pertahanan Timnas Indonesia.

Apalagi pemain naturalisasi kelahiran Spanyol itu diprediksi akan mengisi pos bek tengah dalam formasi tiga bek yang dimainkan Shin Tae-yong.

Posisi ini sama dengan posisi yang dimainkan Rizky Ridho selama menjadi andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Dengan absennya Elkan Baggott, pemain berusia 21 tahun ini bisa menempati pos bek tengah kiri yang ditinggalkan duetnya tersebut di Piala AFF 2022.

3. Andy Setyo

Dua pemain Timnas Indonesia U-22, Asnawi Mangkualam (kiri) dan Andy Setyo (kanan) meluapkan kekecewaan usai Vietnam mencetak gol pada laga cabang olahraga sepakbola Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Minggu (1/12/2019) malam WIB. [ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan]

Andy Setyo merupakan wajah baru di Timnas Indonesia era Shin Tae-yong. Ia dipanggil untuk menjalani pemusatan latihan guna Piala AFF 2022.

Pemain berusia 25 tahun ini dipanggil karena penampilan apiknya bersama Persikabo 1973 yang dikenal lugas dan tak segan berduel dengan lawan.

Kiprahnya pun membuat Andy Setyo dipercaya masuk ke dalam Pre-Eliminary Squad yang akan dinilai performanya layak atau tidak untuk dibawa ke Piala AFF 2022.

Andy Setyo bisa menjadi opsi pengganti Elkan Baggott dengan kemampuannya yang bisa menempati segala posisi di lini pertahanan, baik bek tengah maupun fullback.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More