Irwan Febri Rialdi
Pemain klub K2 League Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam. (Facebook/Ansan Greeners)

Bolatimes.com - Asnawi Mangkualam Bahar dikabarkan diminati oleh klub dari kasta tertinggi Korea Selatan, K-League 1. Jika kabar ini benar, tentu akan sangat bagus untuk peningkatan karier Asnawi.

Adapun, kabar ini pertama kali diberikan oleh live YouTube salah satu media Korea Selatan, Sports-G, pada Selasa (13/12/2022).

Dilansir dari akun @KLeague_id yang menerjemahkan berita tersebut ke Bahasa Indonesia, Asnawi Mangkualam dan Ansan Greeners memberikan respons positif terkait kabar ini.

Asnawi yang masih memiliki satu tahun kontrak dengan Ansan Greeners, disebut bakal didukung untuk pergi jika ada tawaran yang bisa mendukung perkembangan eks penggawa PSM Makassar.

Hal ini memang tertuang dalam klausul kontrak pemain berusia 23 tahun. Disebutkan Asnawi bisa pindah ke klub Korea Selatan lainnya yang lebih baik untuk meningkatkan kualitasnya.

"Kami menerima jika tawaran sesuai (dalam fee maupun kondisi) yang dapat membuat pemain berkembang di panggung yang lebih besar," kata Ansan Greeners.

"Jika saya bisa bermain di K-League 1, saya tidak peduli dengan gaji berapapun. Saya mau mencoba di level lebih tinggi," begitu tanggapan Asnawi.

Dari data Transfermarkt, kontrak Asnawi bersama Ansan sendiri berakhir pada 31 Desember 2023. Namun besar kemungkinan Green Wolves, julukan Ansan Greeners, bersedia melepasnya.

Musim lalu di K-League 2, Asnawi tampil cukup apik bersama Ansan Greeners yang finis di posisi sembilan pada akhir musim. Total ia mencatatkan 26 penampilan dengan sumbangan dua gol dan dua assist.

Capaian tersebut jauh lebih baik dari penampilannya di musim pertama bersama Ansan pada 2021. Asnawi cuma bermain 14 kali dan hanya memberikan satu assist.

Dengan bermain di kasta teratas liga Korea Selatan, maka Asnawi akan berkesempatan untuk menghadapi sejumlah klub-klub besar seperti Ulsan Hyundai, Jeonbuk hingga Pohang Steelers.

Saat ini Asnawi Mangkualam sedang libur kompetisi dan tengah mempersiapkan diri bersama Timnas Indonesia untuk menghadapi Piala AFF 2022.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More