Husna Rahmayunita
Pemain asal Maroko, Khairallah Abdelkbir. (dok.Persis Solo)

Bolatimes.com - Sosok Khairallah Abdelkbir turut jadi perhatian di tengah ramainya pemberitaan Timnas Maroko yang lolos ke semifinal Piala Dunia 2022.

Pasalnya, Abdelkbir merupakan salah satu pesepakbola yang pernah berkarier di Indonesia. Bahkan, belum lama ini ia membela Persis Solo.

Kisah perjalanan Khairallah Abdelkbir di sepak bola Indonesia dimulai pada 2016 silam. Saat itu, Abdelkbir membela Bhayangkara Surabaya United (SU) di kompetisi Torabika Soccer Championship (TSC) 2016.

Namun Abdelkbir tak melanjutkan kariernya di sana sehingga berstatus tanpa klub di Liga 1 2017. Selama tak punya kontrak dengan klub, Abdelkbir banyak menghabiskan waktu bermain di turnamen antarkampung atau tarkam.

Saat itu, pemain yang pernah merumput bersama Wydad Fes itu juga sudah menikahi perempuan asal Indonesia dan menetap di Surabaya.

Setelah cukup lama tak mendapatkan klub, Khairallah Abdelkbir akhirnya bergabung dengan Persis Solo pada 2021 yang saat itu masih mentas di Liga 2.

Pemain yang akrab disapa Abdel ini bisa bermain bersama Laskar Sambernyawa di kasta kedua. Dia sudah menuntaskan proses naturalisasi menjadi warga negara Indonesia (WNI) sejak Maret 2021.

Namun, pemain yang kini berusia 39 tahun tersebut tak banyak mendapat kesempatan bermain di Persis. Ia cuma bermain empat kali sebagai starter dan tak memberi kontribusi nyata.

Pada awal November 2021, ia pun mengumumkan hengkang dari Persis dan akhirnya bergabung dengan klub Liga 2 lainnya, Sriwijaya FC.

Setelah dari Sriwijaya, Khairallah Abdelkbir pindah ke PSDS Deli Serdang pada 2022, hingga terkini membela klub asal Jawa Tengah di Liga 2, Persekat Tegal.

Sebelum bermain di Indonesia, Khairallah Abdelkbir yang lahir di kota Casablanca, Maroko, itu sempat mencicipi bermain di berbagai klub di Maroko dan Arab.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More