Muhammad Ilham Baktora
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, usai memimpin sesi latihan. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Gelaran Liga 1 2022/2023 dengan sistem bubble di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta telah berputar setelah ditunda akibat tragedi Kanjuruhan Malang.

Waktu mepet yang diberikan PSSI dan LIB, mampu dimanfaatkan para pemain hingga menjadi kemenangan untuk klub masing-masing.

Muncul beberapa nama pemain selama dua pekan Liga 1 bergulir yang cukup impresif. Bahkan kehadiran mereka mampu menjadi kartu As untuk klub hingga membantu merangkak naik di klasemen sementara Liga 1 2022/2023.

Baca Juga:
Jadwal Liga 1 2022 Hari Ini: Ada Bhayangkara FC vs PSM Makassar hingga Madura United vs Bali United

Di waktu yang sama, Timnas Indonesia juga memiliki hajatan besar di Piala AFF 2022. Sebanyak 23 pemain dipanggil dan sedang menjalani pemusatan latihan di Bali. Namun beberapa pemain yang digadang-gadang bisa memperkuat skuad Garuda justru mundur dengan sejumlah alasan.

Mundurnya para pemain itu, bisa menjadi warning bagi Shin Tae-yong. Meski begitu, munculnya pemain Liga 1 yang membantu klub memenangkan laga bisa jadi opsi pelatih Korea Selatan untuk melengkapi kekurangan skuadnya, berikut tiga nama yang bisa jadi andalan Shin Tae-yong di Piala AFF 2022.

1. Dedik Setiawan

Baca Juga:
Akhir Buruk Cristiano Ronaldo di Piala Dunia 2022: Cuma Cetak 1 Gol, Tersingkir di Perempat Final

Dimulai dari Arema FC, penyerang Dedik Setiawan mendapat pujian setelah brace-nya menghadapi Persis Solo, Minggu (11/12/2022). Dedik sempat membantu Shin Tae-yong pada Piala AFF 2020.

Pemain Arema FC Dedik Setiawan saat lawan Persib Bandung di Liga 1, Sabtu (11/9/2022). (Instagram/@liga1match)

Dedik tak dipanggil lagi menuju Piala AFF 2022, namun bermain bersama Singo Edan, dirinya langsung mencetak gol, untuk kemenangan pertamanya setelah penundaan kompetisi.

Pemain 27 tahun ini sempat dipanggil Timnas Indonesia pada laga uji coba Indonesia vs Timor Lester, Januari lalu.

Baca Juga:
Selebrasi Lionel Messi ke Pelatih Belanda jadi Sorotan, Begini Ternyata Awal Mula Penyebabnya

2. Reza Arya Pratama

Selain penyerang, penjaga gawang juga perlu diperhatikan Shin Tae-yong jika ingin menargetkan juala Piala AFF 2022. Memang, Nadeo Argawinata sampai sejauh ini menjadi pilihannya. Meski begitu, ada satu nama yang bisa jadi pertimbangan kalau saja, Nadeo harus diistirahatkan.

Kiper PSM Makassar, Reza Arya Pratama. (Instagram/@rezaaryapratama30)

Reza Arya Pratama, kiper PSM Makassar ini jadi salah satu opsi tersebut. Pasalnya selama putaran Liga 1 2022/2023, lima kali gawan skuad Juku Eja tanpa kebobolan.

Bahkan, kiper 188 cm itu baru kemasukan tujuh kali. Di putaran Liga 1 ini, Reza baru sekali memungut bola dan mencatat lebih dari 7 penyelamatan.

3. Stefano Lilipaly

Kemenangan Borneo FC atas PSIS Semarang dengan skor 4-2, tak lepas dari pengaruh Stefano Lilipaly.

Pemain naturalisasi ini mencetak dua gol sekaligus. Performanya bisa jadi pilihan Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia.

Penyerang Borneo FC Stefano Lilipaly. (Instagram/@stefanolilipaly)

Terakhir kali Lilipaly berseragam Timnas ketika skuad Garuda ditukangi, Alfred Riedl (alm), Luis Milla dan Simon McMenemy. Era Shin Tae-yong, mantan penyerang Bali United ini belum sekalipun dipanggil.

Indonesia sendiri terus mempersiapkan diri untuk Piala AFF 2022. Lawan pertamanya adalah Kamboja yang dijadwalkan pada 23 Desember.

Shin Tae-yong memilih untuk memperkuat fisik pemain dan kemampuan taktiknya. Meski begitu, Indonesia memilih tak melakukan uji coba pertandingan dengan tim lain.

Load More