Muhammad Ilham Baktora
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong memberikan arahan kepada para pesepak bola asuhannya saat melawan Timnas Vietnam dalam laga perdana Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (6/5/2022). FOTO/Aditya Pradana Putra/nym. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

Bolatimes.com - Persoalan pemanggilan para pemain Liga 1 ke pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia masih menyisakan polemik. Shin Tae-yong dituding tak pernah mengajak bicara para pelatih klub sebelum pemanggilan itu dilakukan.

Bahkan pelatih Persija, Thomas Doll kecewa dengan pemanggilan anak asuhnya untuk mempersiapkan Piala AFF 2022.

Sebelum persoalan ini mencuat, sebenarnya Shin Tae-yong pernah berjanji untuk melakukan komunikasi kepada pelatih Liga 1 ketika memanggil pemain di masing-masing klub. Pernyataan itu sempat disampaikan pelatih asal Korsel ini pada Januari 2022, ketika skuad Garuda menghadapi Timor Leste di FIFA Matchday.

Baca Juga:
Pedih Banget, Momen Cristiano Ronaldo Menangis usai Portugal Gagal Lolos ke Semifinal Piala Dunia 2022

Meski begitu, Shin Tae-yong belum bergerak untuk melakukan komunikasi tersebut, terutama ke Persija yang 3 dari pemainya ditarik ke Timnas.

Hal ini disebut menjadi tekanan untuk Shin Tae-yong terhadap janji yang sempat disampaikan namun tak dilakukan hingga jelang Piala AFF 2022 bergulir.

Melansir dari Instagram @soal.timnas, Minggu (11/12/2022), kendala komunikasi antar pelatih klub dengan pelatih Timnas Ini jadi jembatan pemisah. Komunikasi pun tak kunjung baik, hingga Shin Tae-yong mendapat protes dari pelatih Liga 1 lainnya.

Baca Juga:
Tebar Ancaman ke Timnas Indonesia, Teerasil Dangda Berhasrat Juara Lagi di Piala AFF 2022

Visi misi Shin Tae-yong, memang membawa Timnas Indonesia naik level. Namun renggangnya komunikasi ini seakan menjadi duri dalam daging membawa skuad Garuda bermain di level internasional lainnya.

Meski begitu, persiapan menuju Piala AFF 2022 terus digenjot. Latihan fisik dan taktik juga menjadi menu baru untuk Witan Sulaeman cs.

Shin Tae-yong juga sudah menetapkan sejumlah pemainnya untuk merumput di kompetisi 2 tahunan itu. Namun beberapa pemain naturalisasi yang sebelumnya ditunggu untuk menunjukkan performanya, terpaksa kembali ke klubnya.

Baca Juga:
Maroko Lolos ke Semifinal, Mantan Striker Persib Bandung ini Ikutan Bereaksi

Tak hanya itu, nama seperti Elkan Baggott masih menjadi tanda tanya apakah akan ikut membela skuad Garuda, mengingat belum ada perizinan dari manajeman dan pelatih Gillingham FC.

Indonesia akan memulai petualangannya di Piala AFF 2022 pada 23 Desember. Skuad Garuda akan menghadapi Kamboja di laga perdana.

Load More