Muhammad Ilham Baktora
Pemain Timnas Indonesia menjalani latihan perdana dalam pemusatan latihan (TC) jelang Piala AFF 2022 di Bali, Senin (28/11/2022). [PSSI]

Bolatimes.com - Para pemain Timnas Indonesia mendapat menu latihan yang cukup berat dari pelatih Shin Tae-yong selama melaksanakan TC di Bali. Penguatan fisik dan pengaturan body fat menjadi perhatian pelatih asal Korea Selatan ini.

Tak sedikit pemain yang merespon gaya latihan yang diberikan Shin Tae-yong, termasuk mantan pemain Sabah FC, Saddil Ramdani yang ikut dipanggil ke TC menjelang Piala AFF 2022.

Bagi Saddil, latihan fisik ini cukup melelahkan. Namun ia mengaku cukup menikmati menu tersebut di pemusatan latihan kali ini.

Baca Juga:
Punya Pertahanan Tangguh, Ini 5 Tim yang Paling Sedikit Kebobolan di Piala Dunia 2022

"Kami merasakan latihan fisik selama beberapa hari terakhir. Sangat melelahkan, tapi sangat menyenangkan juga tentunya. Saya harap ini jadi modal kami untuk meningkatkan fisik," kata Saddil, dikutip dari laman PSSI Kamis (8/12/2022).

Pemain 23 tahun ini cukup bersyukur bisa bermain dan dipercaya memperkuat skuad Garuda. Bahkan hasil kerja keras ini jadi modal dirinya ke depan.

Aksi Saddil Ramdani saat jadi pahlawan Sabah FC tahan imbang Kuching City 1-1 untuk lolos ke semifinal Piala Malaysia 2022. (Instagram/officialsabahfc)

"Alhamdulillah sangat senang, saya juga merasa bersyukur juga karena banyak belajar juga di sini dan kita juga di sini harus benar-benar bekerja keras," kata dia.

Baca Juga:
Termasuk Goncalo Ramos, Berikut Pencetak Hattrick di 6 Edisi Terakhir Piala Dunia

"Harapan saya semoga ke depannya baik saya pribadi maupun teman-teman kami dapat meningkatkan kemampuan kami masing-masing," tambah dia.

Timnas Indonesia memulai laga perdananya di Piala AFF 2022 pada 23 Desember menghadapi Kamboja. Tergabung di Grup A, Indonesia ditemani, Filipina, Brunei Darussalam, Kamboja dan juara bertahan Piala AFF 2020, Thailand.

Meski menjalani pemusatan latihan, Shin Tae-yong memutuskan untuk tidak mengadakan uji coba. Sebelumnya santer diberitakan bahwa Timnas Indonesia akan bertarung dengan Bali United untuk uji coba, namun Shin Tae-yong mengurungkan niat itu.

Baca Juga:
5 Kandidat Kuat Peraih Penghargaan Kiper Terbaik di Piala Dunia 2022

Shin Tae-yong, memfokuskan untuk mengembalikan stamina dengan menambah latihan fisik Pratama Arhan dkk.

Load More