Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha
Shin Tae-yong memantau anak asuhnya saat di Turki (Instagram/shintaeyong7777)

Bolatimes.com - Pertandingan kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 belum bisa dipastikan boleh dihadiri oleh penonton. Pelatih Shin Tae-yong bereaksi.

diketahui Liga 1 2022/2023 bergulir dengan sistem bubble di Jawa Tengah dan Yogyakarta tanpa dihadiri penonton, sesuai rekomendasi izin yang dikeluarkan kepolisian pasca Tragedi Kanjuruhan, Malang pada 1 Oktober lalu.

Sementara Piala AFF 2022 akan berlangsung pada 10 Desember sampai 16 Januari 2023. Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dikabarkan menjadi markas Timnas Indonesia untuk melakoni partai kandang.

Nah, banyak beranggapan laga home Timnas Indonesia bakal seperti Liga 1 tanpa penonton. Terkait hal ini PSSI belum bisa memastikannya, namun akan berusaha bisa dihadiri penonton.

Hingga kekinian, PSSI berupaya laga kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 bisa dihadiri penonton, tidak seperti Liga 1 2022/2023.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyebut, Shin Tae-yong berharap pertandingan bisa dilangsungkan dengan penonton. Ini bisa menjadi catatan tersendiri untuk proses perizinan.

"Kita tunggu (izin). Kami akan usahakan itu untuk bisa dihadiri penonton," kata Mochamad Iriawan dalam keterangan yang diterima Suara.com, Kamis (8/12/2022).

Iriawan melanjutkan, Shin Tae-yong memberikan semangat kepada skuad Timnas Indonesia andai laga kandang tak bisa ditonton langsung oleh suporter di stadion.

"Pelatih (Shin tae-yong) juga tadi sampaikan lebih memberikan semangat kepada anak-anak timnas apabila itu (pertandingan AFF) bisa dihadiri penonton," sambungnya.

Timnas Indonesia berada di Grup A Piala AFF 2022 bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Tim Merah Putih akan melakoni partai home melawan Kamboja pada 23 Desember dan Thailand pada 29 Desember 2022.

Sementara untuk partai awal melawan Brunei Darussalam pada 26 Desember dan Filipina pada 2 Januari 2023. Partai home bakal bertambah andai skuad Garuda melangkah ke semifinal dan final.

Lebih lanjut, Iriawan sangat yakin dengan kualitas pemain yang ada saat ini untuk menjadi juara. Oleh karena itu, ia akan berusaha supaya Piala AFF bisa disaksikan langsung penonton.

"Insya Allah (Timnas Indonesia juara). Saya optimis," pungkas lelaki yang akrab disapa Iwan Bule.

Load More