Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha
Suasana latihan Timnas Indonesia di Bali jelang Piala AFF 2022. (dok.PSSI)

Bolatimes.com - Kapten Timnas Indonesia Fachruddin Aryanto meminta skuadnya untuk berjuang bersama-sama di Piala AFF 2022. Pesan itu disampaikan setelah skuad Garuda beberapa waktu belakangan mengikuti pemusatan latihan (TC).

Fahcruddin Aryanto mengatakan semua pemain sangat antusias dalam menerima instruksi dan materi yang diberikan Shin Tae-yong dan stafnya saat latihan. Sebagai kapten ia mengajak rekan-rekannya untuk tetap semangat.

Selain itu, pemain Madura United tersebut meminta skuad Garuda menyatukan kekuatan menghadapi Piala AFF 2022. Terlebih tim Merah Putih diharapkan bisa menjadi juara.

"Sangat bagus, ya. Semua pemain sangat semangat dengan apa yang diberikan dan sudah bisa kita terima (dengan baik). Jadi kita harus berjuang bersama-sama (menghadapi Piala AFF 2022)," kata Fachruddin dikutip dalam keterangan PSSI, Rabu (7/12/2022).

Piala AFF 2022 dihelat pada 20 Desember mendatang sampai 16 Januari 2023 dengan format kandang-tandang. Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

Kamboja dan Thailand bakal dihadapi di kandang sendiri yang kabarnya Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada 23 dan 29 Desember 2022. Sedangkan laga melawan Brunei Darussalam (26/12/2022) dan Filipina (2/1/2023) berlangsung di markas lawan.

Beberapa hari menjelang kejuaraan itu, Fachruddin sedikit membocorkan bahwa Shin Tae-yong masih fokus meningkatkan fisik. Meski memang sesekali ada materi taktik diselipkan.

"Belum (masuk ke latihan taktik). Cuma ada sedikit di sela-sela (latihan) fisik itu ada taktik biar kita lebih paham karena persiapan juga sudah mulai mepet," pungkas eks Persija tersebut.

Untuk informasi Timnas Indonesia belum pernah menjadi juara Piala AFF 2022. Prestasi terbaik tim Merah Putih adalah runner-up sebanyak enam kali.

Load More