Sabtu, 28 Januari 2023
Rauhanda Riyantama : Selasa, 06 Desember 2022 | 22:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Berikut deretan bintang Timnas Filipina yang wajib diwaspadai oleh Timnas Indonesia pada babak grup Piala AFF 2022 mendatang.

Dalam waktu dekat, Timnas Indonesia akan menjalani ajang dua tahunan bertajuk Piala AFF 2022 yang dijadwalkan akan berlangsung sejak 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023.

Di ajang ini, Timnas Indonesia pun sudah dipastikan tergabung di grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Melihat daftar lawan yang akan dihadapi, tim arahan Shin Tae-yong diprediksi akan melangkah mulus dan lolos ke babak semifinal.

Namun, grup A memiliki beberapa tim kuda hitam yang bisa saja mengganjal langkah Timnas Indonesia untuk lolos dari grup A.

Salah satunya adalah Filipina. Tim berjuluk The Azkals ini dikenal sebagai salah satu tim yang bisa merusak dominasi tim-tim papan atas di Asia Tenggara.

Untuk Piala AFF 2022 ini, Filipina telah mempersiapkan diri setelah sang pelatih, Thomas Dooley memanggil 48 pemain guna persiapan ajang ini.

Dari 48 pemain yang dipanggil itu, Thomas Dooley akan menjalani pemusatan latihan sekaligus seleksi untuk pemain yang akan dibawanya ke Piala AFF 2022.

Dari sederet pemain yang telah dibawanya tersebut, ada beberapa pemain Filipina yang diprediksi akan menyulitkan Timnas Indonesia di fase grup nanti.

Siapa saja para pemain Filipina yang dimaksud? Berikut daftarnya.

1. Daisuke Sato

Penikmat sepak bola Indonesia tentu tak asing dengan sosok Daisuke Sato. Pemain yang berposisi Fullback ini berkarier di Tanah Air bersama Persib Bandung.

Sempat kesulitan di awal kepindahannya, kini pemain berusia 28 tahun itu menjadi andalan bagi Si Maung Bandung di bawah arahan Luis Milla.

Dengan pengalamannya sejauh ini di Liga 1, Daisuke Sato jelas memahami gaya bermain Timnas Indonesia. Apalagi ada tiga penggawa andalan skuad Garuda yang juga rekan setimnya di Persib.

2. Jesse Curran

Jesse Curran merupakan pemain keturunan Filipina. Ia sendiri pemain yang berposisi sebagai Fullback dan punya pengalaman segudang.

Saat ini, ia berkiprah di Thailand bersama BG Pathum United. Pemain Versatile ini punya pengalaman mumpuni di sepak bola Asia Tenggara.

Selain banyak membela tim besar Asia Tenggara, pemain berusia 26 tahun itu juga pernah bermain di Eropa bersama Dundee United di Skotlandia.

3. Mark Hartmann

Mark Hartmann juga salah satu pemain keturunan yang membela Filipina. Ia sendiri merupakan pemain kelahiran Inggris.

Karena lahir di Inggris, Mark Hartmann pernah bermain di tim-tim Inggris seperti Swindon dan Blackfield, sebelum akhirnya bermain di Asia Tenggara.

Tercatat pemain berusia 30 tahun ini telah bermain di berbagai negara di Asia Tenggara. Sebagai penyerang, ia juga terbilang tajam dengan mencetak 8 gol dari 33 laga bersama Filipina.

Kontributor: Felix Indrajaya

BACA SELANJUTNYA

5 Penyerang yang Dipanggil TC Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong Jadi Banyak Opsi