Rauhanda Riyantama
FIFA meluncurkan logo resmi Piala Dunia U-20 2023 tepat pada HUT ke-77 Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022). Turnamen itu akan digelar di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023. (ANTARA/HO/PSSI)

Bolatimes.com - Cara menjadi relawan untuk Piala Dunia U-20 2023 Indonesia akan dibahas lebih lanjut dalam artikel kali ini. Pihak penyelenggara sendiri sudah membuka pendaftaran untuk menjadi relawan atau volunteer.

Seperti yang telah dikabarkan sebelumnya, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 yang akan berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Kompetisi sepak bola terbesar di dunia bagi kelompok umur U-20 ini akan berlangsung di beberapa kota di Indonesia. Oleh karena itu, dibutuhkan banyak SDM (Sumber Daya Manusia) untuk mensukseskan hajatan tersebut.

Baca Juga:
Ancaman bagi Timnas Indonesia, Filipina Isyaratkan Diperkuat Bintang Bundesliga Jerman di Piala AFF 2022

Untuk mensukseskan Piala Dunia U-20 2023 nanti, sekitar 1.500 orang relawan dibutuhkan yang akan ditempatkan di area fungsional Piala Dunia U-20 tahun depan.

Para relawan ini nantinya akan ditempatkan di berbagai lokasi mulai dari stadion, tempat latihan, bandara, dan hotel untuk membantu kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah.

Relawan sendiri punya peran penting dalam sebuah acara besar, ambil contoh Piala Dunia 2022 di Qatar yang juga menempatkan banyak relawan.

Baca Juga:
Rincian Gaji Cristiano Ronaldo jika Gabung Klub Arab Saudi Al Nassr, Rp 25,9 Juta Per Menit

Untuk event di Indonesia, misalnya, ada Asian Games dan Asian Para Games 2018 di Jakarta dan Pelembang yang menempatkan banyak relawan juga.

Para relawan di Piala Dunia U-20 2023 nanti akan memberikan bantuan yang tak ternilai kepada tim yang berpartisipasi, penonton, staf FIFA dan Komite Panitia Lokal di berbagai bidang, termasuk transportasi, akreditasi, media, layanan tamu, dan layanan penonton.

"Relawan adalah jantung dari setiap turnamen, dan dengan senang hati kami mengundang Anda secara resmi untuk menjadi bagian dari program relawan," kata Maaike Ira Puspita, selaku Pemimpin Proyeksi Komite Panitia Lokal di laman resmi PSSI.

Baca Juga:
Link Live Streaming Persija Jakarta vs Borneo FC di Liga 1 2022, Digelar Malam Ini

Selain itu, Maaike Ira Puspita menuturkan bahwa menjadi volunteer FIFA di Piala Dunia U20 2023 bakal mendatangkan pengalaman berharga.

“Anda akan mendapatkan kesempatan merasakan turnamen dari dalam dan belajar lebih banyak tentang bagaimana acara olahraga internasional besar diselenggarakan,” jelasnya. 

“Anda akan bergabung ke dalam tim yang hebat dan kita akan bekerja sama untuk masa depan sepak bola Indonesia,” tuturnya menambahkan.

Baca Juga:
Fakta-fakta Jelang Duel Maroko vs Spanyol, Berebut Tiket Perempat Final Piala Dunia 2022

Berikut Syarat untuk Menjadi Relawan di Piala Dunia U-20 2023.

• berumur 18 tahun atau lebih pada tanggal 20 Maret 2023

• tinggal di Indonesia

• mampu berbicara Bahasa Inggris minimal level intermediate; lancar berbicara Bahasa Indonesia

• hadir selama turnamen (20 Mei – 11 June 2023)

• sanggup menyelesaikan proses wawancara dan menghadiri seluruh sesi latihan

• bertanggung jawab dan antusias

• berkomitmen untuk berkontribusi dalam penyelenggaraan acara global besar dan mewakili FIFA U-20 World Cup Indonesia 202 dengan bangga dan hormat.

Cara mendaftar relawan Piala Dunia U20 2023:

- Pertama Anda bisa mengunjungi link berikut https://volunteer.fifa.com/ invite/fu20wcindonesia2023

- Isi formulir pendaftaran FIFA Volunteer Community. Anda nanti akan diminta mengisi data diri pada tahap ini.

- Klik tautan verifikasi akun yang dikirim ke alamat e-mail.

- Setelah berhasil log-in di halaman FIFA Volunteer Community, pilih menu “Tournament” dan buka “U20 World Cup 2023 Indonesia”.

- Isi formulir pendaftaran relawan dengan lengkap. Anda harus mengunggah foto berwarna dan kartu identitas.

- Langkah terakhir adalah, mengirimkan formulir pendaftaran yang sudah diisi

- Program pendaftaran relawan Piala Dunia U20 2023 dibuka sampai 5 Februari 2023

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More