Irwan Febri Rialdi
Gol debut Elkan Baggott di timnas Indonesia yang dicetak ke gawang Malaysia di Piala AFF 2020. (Dok. Piala AFF)

Bolatimes.com - Piala AFF 2022 bakal diwarnai dengan sederet pemain berpostur tak biasa di level sepak bola Asia Tenggara, sejumlah pemain jangkung akan tampil di ajang ini.

Postur tinggi pemain ASEAN sebenarnya tidak lebih dari 180 cm, meskipun beberapa di antaranya memiliki tinggi lebih dari itu.

Namun kebanyakan pemain lokal memiliki tinggi sekitar 175 cm hingga 180 cm dan seolah sudah menjadi ukuran normal di kawasan ini.

Timnas Indonesia memiliki beberapa pemain dengan tinggi di atas rata-rata, seperti Fachruddin Aryanto dengan tingginya mencapai 185 cm.

Selain itu, kontestan Piala AFF 2022 ternyata juga memiliki pemain dengan tinggi di atas rata-rata layaknya Fachruddin.

Lantas siapa saja mereka? berikut ini deretan pemain di Piala AFF 2022 dengan postur tinggi alias jangkung.

1. Elkan Baggott

Pemain keturunan Indonesia asal Inggris ini paling menarik perhatian di antara pemain lainnya, tingginya mencapai 194 cm.

Usianya masih 20 tahun, tapi Baggott sudah mencatat 12 caps bersama timnas Indonesia dan bakal menjadi andalan di skuad ini.

Di Piala AFF 2022 nanti, Baggott tidak akan sendiri dalam mengawal lini bertahan Indonesia, ada Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Kedua pemain bergenetik Eropa ini juga memiliki tinggi di atas rata-rata pemain ASEAN pada umumnya.

2. Pansa Hemviboon

Pemain berposisi bek di timnas Thailand, sejak debut pada 2017 hingga saat ini selalu menjadi andalan The War Elephants dalam menjaga lini bertahan.

Pansa memilki tinggi 191 cm, tentu keunggulan ini sangat berguna dalam menghalau bola-bola atas atau menciptatakan peluang dari tendangan penjuru.

Dua hal yang dimiliki Pansa sebagai pemain bertahan, lihai dalam mempertahankan lini pertahanan tetapi juga gacor ketika dituntut mencetak gol.

3. Dang Van Lam

Meski berasal dari Vietnam, Dang Van Lam merupakan pemain dengan latar belakang lahir di Moskow, Rusia pada Agustus 1993.

Sang Ayah, Dang Van Son merupakan produk asli Vietnam sementara sang ibu, Olga Zhukova berasal dari Rusia.

Sosok Dang Van Lam sendiri merupakan kiper andalan Vietnam dengan postur tubuh mencapai 189 cm, ia termasuk pemain Abroad Vietnam setelah bermain di Cerezo Osaka di Liga Jepang.

4. Rahadiazli Rahalim

Pemain Malaysia ini masih 21 tahun, tapi tingginya sudah mencapai 192 cm dan dipersiapkan berlaga di Piala AFF 2022.

Rahadiazli Rahalim sudah menjadi andalan Malaysia sejak memperkuat timnas U-23, meski peluang bermain reguler di Piala AFF 2022 sulit.

Pasalnya Rahadiazli harus bersaing dengan para pemain senior, termasuk Syihan Hazmi dan Kalamullah Al Hafiz.

Kontributor: Eko
Load More