Arif Budi Setyanto
Shin Tae-yong ngamuk ke pemain timnas Indonesia U-20 karena ditahan imbang Moldova U-20. (YouTube/PSSI TV)

Bolatimes.com - Media Malaysia menyoroti usaha keras Shin Tae-yong demi bisa membawa timnas Indonesia menjadi juara di Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia sudah berkembang pesat di bawah asuhan Shin Tae-yong. Buktinya skuad Garuda tampil mengejutkan di Piala AFF edisi lalu, meski hanya jadi runner up.

Kini di Piala AFF 2022, Shin Tae-yong menargetkan timnas Indonesia meraih juara. Persiapan TC pun telah dilangsungkan di Bali jelang turnamen antarnegara ASEAN.

Baca Juga:
5 Fakta Menarik Jerman Tersingkir dari Piala Dunia 2022 Meski Menang Lawan Kosta Rika

Shin Tae-yong sudah memanggil 28 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan. Dari daftar itu terdapat nama-nama pemain keturunan hingga pemain yang barkarier di luar negeri.

"Jika dilihat skuad awal 28 pemain yang dipanggil ke persiapan Piala AFF bisa dikatan labih tajam dan upgrade daripada tahun lalu saat mereka hanya runner up," tulis laporan Harimau Malaya dinukil pada Jumat (2/12/2022).

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kiri) berjalan mengawasi sesi latihan di lapangan di Training Ground Bali United, Pantai Purnama, Gianyar, Bali, Senin (28/11/2022), saat pemusatan latihan perdana timnas senior menjelang Piala AFF 2022. ANTARA/Genta Tenri Mawangi

Bukan hanya itu, Shin Tae-yong baru-baru ini mengumumkan bahwa timnas Indonesia akan mencarter pesawat untuk pertandingan tandang.

Baca Juga:
Reaksi Pilu Hansi Flick usai Jerman Tersingkir Menyakitkan dari Piala Dunia 2022

"Shin Tae-yong juga dilaporkan mengatakan Indonesia akan menyewa pesawat dalam turnamen ini untuk memudahkan perjalanan. Ini karena akan menghindarkan tim asuhannya dari keletihan saat laga tandang," imbuh laporan itu.

Lebih lanjut media Malaysia juga menyoroti ketika pelatih asal Korea Selatan itu bernegosiasi dengan klub Elkan Baggott serta Sandy Walsh agar para pemain dilepas untuk Piala AFF 2022.

Upaya serius Shin Tae-yong di atas itu membuat media Malaysia takjub. Timnas Indonesia pun dijagokan menjadi salah satu calon juara di Piala AFF 2022 mendatang.

Baca Juga:
Daftar Tim yang Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022: Jepang Bikin Kejutan

Adapun timnas Indonesia akan berjuang di Grup A Piala AFF 2022 menghadapi Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Load More