Arif Budi Setyanto
Pemain Timnas Indonesia berlari mengelilingi lapangan di Training Ground Bali United, Pantai Purnama, Gianyar, Bali, Senin (28/11/2022) (ANTARA/Genta Tenri Mawangi)

Bolatimes.com - Pelatih fisik timnas Indonesia, Shin Sang-gyu menyoroti kekurangan fisik dasar para pemain timnas Indonesia jelang Piala AFF 2022.

Pemain timnas Indonesia kini dikumpulkan untuk menjalani TC. Salah satu tujuannya adalah penguatan fisik dasar yang dirasa masih belum maksimal.

Shin Sang-gyu mengatakan fisik dasar skuad Garuda masih kurang. Apalagi sebelumnya liga harus berhenti karena adanya tragedi Kanjuruhan.

Baca Juga:
Profil Alvaro Morata, Penyerang Spanyol Top Skor Sementara Piala Dunia 2022

"Memang penguatan dan fisik dasarnya sangat kurang saat ini. Apalagi harusnya liga bergulir tetapi dengan adanya Tragedi Kanjuruhan jadi mau tidak mau liganya libur. Jadi mempertahankan fisik dasar pemain itu susah sekali kemarin," ucap Shin Sang-gyu dikutip dari situs resmi PSSI, Jumat (2/11/2022).

Alasan memperbaiki fisik pemain timnas Indonesia ini menjadi salah satunya dipercepatnya TC jelang Piala AFF 2022.

Shin Sang-gyu. (Dok. KFA)

"Jadi TC kami dipercepat agar meningkatkan fisik dasar pemain. Memang fisik masih kurang ya, apalagi saat ini persiapan pendek. Saat ini kami berupaya meningkatkan fisik pemain. Seperti apa yang dibicarakan sebelumnya, pemusatan latihan sebelumnya juga sama dengan pemusatan latihan sekarang,"

Baca Juga:
5 Tim Unggulan yang Gagal ke 16 Besar Piala Dunia 2022, Teranyar Jerman

"Memang setiap pemain itu harus ada persiapan yang matang dulu di klub, baru datang ke timnas. Kalau begitu pasti akan lebih lancar lagi di timnas dan kekurangan fisik pemain saat ini memang fisik dasar, power, dan stamina," tegas asisten Shin Tae-yong ini.

Nah, sebelumnya Shin Tae-yong juga menegaskan jika fisik pemain kuat, maka mereka akan bisa menjalankan strategi dengan benar di dalam pertandingan.

Sementara itu, timnas Indonesia tergabung di Grup A Piala AFF 2022 yang akan melawan Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Laga pertama tim Merah Putih akan digelar 23 Desember 2022.

Baca Juga:
Rekor Apik Timnas Jepang di Piala Dunia 2022, Bungkam Spanyol hingga Singkirkan Jerman

Load More