Husna Rahmayunita
Mantan Pelatih Hong Kong, Kim Pan-gon. (AFP/Jung Yeon-je)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Malaysia Kim Pan-gon angkat bicara terkait fenomena pemain rama-ramai menolak panggilan Harimau Malaya untuk Piala AFF 2022. Ia mengaku baru sekali menghadapi situasi seperti ini.

Jelang Piala AFF 2022, Kim Pan-gon mendapat ujian berat ketika sejumlah pilar Malaysia enggan merapat ke bergabung ke pemusatan latihan karena berbagai alasan.

Dilaporkan awalnya Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) memanggil 41 pemain untuk TC. Namun 12 di antaranya menolak panggilan tersebut karena sejumlah sebab termasuk masalah pribadi, keluarga hingga cedera.

Dikutip dari Bernama, dari 12 pemain itu, sebagian di antaranya merupakan penggawa Johor Darul Ta'zim (JDT) sepeti Sharul Saad, Arif Aiman Hanapi, Matthew Davies, Muhammad Syafiq Ahmad, Muhammad Akhyar Abdul Rashid, Muhammad Nazmi Faiz Mansor serta La'vere Lawrence.

Terkait situasi ini, Kim Pan-gon mengaku baru kali pertama menukangi tim tanpa sederet pemain kunci selama kariernya di dunia sepak bola.

"Dalam karier saya, ini adalah pertama kalinya," ujarnya.

Walau begitu, ia berusaha menyikapinya dengan positif. Hingga saat ini, dirinya terus memantau perkembangan para pemain dan tetap bertekad membentuk skuad tangguh yang mampu menghadapi persaingan sengit di Piala AFF.

"Saya harus positif (setidaknya sekarang) saya dapat melihat lebih banyak pemain yang telah kami kumpulkan bakatnya dan saya melihat mereka secara langsung, membantu dan meyakinkan," kata dia.

"Kami juga dapat memperluan panggilan ke lebih banyak pemain dan akan ada lebih banyak kompetisi di tim nasional. Jadi, saya ingin tetap positif," sambungnya.

Piala AFF 2022 digelar 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Malaysia tergabung dalam Grup B bersama Vietnam, Singapura, Laos dan Myanmar.

Load More