Husna Rahmayunita
Pelatih kiper Timnas Indonesia Kim Bong Soo dengan Nadeo Argawinata Cs. (YouTube/PSS)

Bolatimes.com - Pelatih Kiper Timnas Indonesia Kim Bong Soo disebut sering marah-marah saat latihan. Gaya melatihnya yang keras jadi perhatian anak didik.

Itu terlihat saat Kim Boong Soo terlibat obrolan santai dengan tiga kiper yang dipanggil ke pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia baru-baru ini.

Nampak, Nadeo Argawinata, Syahrul Trisna dan Muhammad Riyandi berbincang dengan sang pelatih dengan dibantu penerjemah Yoo Jae Hoon yang juga merupakan asisten pelatih kiper timnas.

Kim Bong Soo kala itu berucap, "Saya sayang sama kalian," dalam bahasa Korea seperti dilihat dari unggahan kanal YouTube PSSI, Kamis (1/12/2022).

Tak lama, Syahrul Trisna menimpali, "Kami juga sayang sama Coach Kim,".

Perkataan itu kemudian disahuti oleh Nadeo Argawinata yang menceletuk, "Kami akan makin sayang kalau Coach tidak marah-marah, biar sehat selalu".

Syahrul kembali menyeletuk, "Biar darah nggak naik".

Mendengar omongan tersebut, Kim Bong Soo memberikan jawab berkelas. Dia bilang, gayanya yang keras saat melatih demi kebaikan para murid.

"Tidak apa-apa. Kamu saya omel-omelin, biar penampilan kamu makin naik. Ga ada masalah. Yang penting kualitas kalian naik," ujar Kim Bong Soo.

Juru taktik asal Korea Selatan tersebut menegaskan itu sudah menjadi karakternya sebagai pelatih kiper. Bukan berarti, karena hobi marah, dia tidak sayang dengan anak asuhnya.

"Saya tahu kalian selalu baik sama saya, tapi saat latihan kita profesional. Karena itu memang karakter saya," ucapnya.

Lebih lanjut, ia menegaskan gaya melatih seperti itu juga diterapkan di timnas kelompok umur lainnya, tak hanya di tim senior Indonesia.

"Tapi kalian harus tahu, jangan salah sangka, kami teriak bukan karena kami tidak suka atau benci sama kalian. Walau keras dan agak marah, tapi timnas senior, U-23 dan U-19 juga saya kerasin" pungkas pelatih berusia 51 tahun tersebut.

Load More