Sabtu, 28 Januari 2023
Irwan Febri Rialdi : Rabu, 30 November 2022 | 20:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Dalam hitungan pekan Piala AFF 2022 bakal segera digelar, sederet fakta menarik iringi gelaran turnamen sepak bola dua tahunan ASEAN ini.

Piala AFF 2022 mulai digelar pada 20 Desember 2022, timnas Indonesia masih saja belum bisa memetik satu gelar juara dari ajang ini.

Catatan termanis timnas Indonesia hanyalah sebagai runner-up Piala AFF sebanyak enam kali, bukti bahwa kekuatan skuad Garuda kuat.

Termasuk digelaran 2020, di mana saat itu timnas Indonesia lagi-lagi harus mengakui keunggulan Thailand di partai final.

Terlepas dari itu, sederet fakta menarik iringi gelaran Piala AFF 2022 yang bakal segera dimulai dan seperti apa menariknya? berikut penjelasannya.

1. Sponsor Baru

Sejak edisi 1994 hingga 2004, Piala AFF disponsori oleh Tiger yang merupakan sebuah perusahaan minuman yang berasal dari Singapura.

Kemudian pada 2008 hingga 2020 berganti nama menjadi AFF Suzuki Cup, produsen otomotif asal Jepang itu berhasil menjadi sponsor utama.

Hingga pada 2022, penamaan turnamen ini kembali diubah menjadi Mitsubishi Electric Piala AFF 2022 di mana produk tersebut menjadi sponsor utama ajang ini.

2. Format 2018

Turnamen Piala AFF 2022 digelar menggunakan format berbeda dari edisi 2020, format pertandingan yang digunakan adalah saat edisi 2018.

Di mana format kandang-tandang yang dipakai mulai dari babak penyisihan grup hingga partai final, penggunaan format ini juga memberi konsekuensi.

Dua tim dengan peringkat FIFA terendah harus menjalani laga play-off untuk bisa masuk ke babak penyisihan grup.

Partai semifinal dan final tetap mengikuti pakem yang sudah ditetapkan sejak 2004, yakni menggunakan format kandang-tandang.

3. Brunei Darussalam is Back!

Brunei Darussalam untuk pertama kalinya sejak 1996 kembali kancah Piala AFF, kepastian ini didapat setelah sukses mengunci kemenangan di babak play-off melawan Timor Leste.

Kemenangan atas Timor Leste membuat Brunei Darussalam melaju ke babak penyisihan grup, tergabung dalam Grup A Piala AFF 2022.

Bersama Indonesia, Filipina, Kamboja dan Thailand yang bakal menjadi lawan Brunei Darussalam sekembalinya ke Piala AFF.

Kontributor: Eko

BACA SELANJUTNYA

Satu Pemain Timnas Indonesia Masuk All Star XI Piala AFF 2022 di Tengah Dominasi Thailand dan Vietnam