Minggu, 29 Januari 2023
Irwan Febri Rialdi : Rabu, 30 November 2022 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Timnas Indonesia kembali diprediksi bakal menjadi juara Piala AFF, edisi 2022 menjadi waktu bagi skuad Garuda menorehkan sejarah untuk pertama kalinya.

Sejak kali pertama digelar pada 1996, timnas Indonesia masih belum bisa keluar sebagai juara Piala AFF padahal sudah masuk final sebanyak enam kali.

Pada Piala AFF 2022, timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

Format kandang-tandang bakal diterapkan di edisi 2022 ini, mulai dari babak penyisihan grup hingga partai penentuan peraih gelar juara.

Kondisi sepak bola dalam negeri sebenarnya tengah berduka, atas Tragedi Kanjuruhan yang membuat setidaknya 130 nyawa manusia melayang.

Meski begitu, terdapat beberapa alasan yang membuat timnas Indonesia mampu meraih gelar juara di Piala AFF 2022.

1. Akhir Penantian

Enam kali masuk final, enam kali pula timnas Indonesia gagal meraih gelar juara Piala AFF termasuk pada edisi 2020 lalu.

Berbekal tren positif hingga laga FIFA Matchday melawan Curacao, timnas Indonesia dinilai mampu keluar sebagai peraih gelar di edisi kali ini.

2. Skuad Mewah

Komposisi pemain timnas Indonesia di era Shin Tae-yong mencerminkan bagaimana kekuatan skuad Garuda untuk Piala AFF 2022.

Kombinasi pemain muda berbahaya dan senior berpengalaman menjadikan skuad timnas Indonesia salah satu kandidat juara di ajang ini.

3. Pemain Naturalisasi

Timnas Indonesia baru saja mendapatkan dua amunisi baru, pemain naturalisasi asal Eropa, Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Kedua pemain ini sebelumnya berkarier di luar negeri, Jordi Amat yang kental dengan nuansa Spanyol, Sandy Wals yang bertipe Belanda.

4. Gengsi Shin Tae-yong

Piala AFF sebenarnya bukan level Shin Tae-yong, pelatih kaliber Piala Dunia yang pernah mengantarkan Korea Selatan melibas Jerman.

Meski begitu, di percobaan pertamanya di Piala AFF Shin Tae-yong harus menanggung kegagalan dan kini hal itu tidak mungkin terulang.

Kontributor: Eko

BACA SELANJUTNYA

Jadwal Bola Malam Minggu Ini: Sandy Walsh Tanding dan Laga Panas di Liga Prancis