Arif Budi Setyanto
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, dalam laga melawan Prancis. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong menanamkan prinsip sepak bola dalam permainan skuad Garuda. Maka dari itu, ia menekankan soal penguatan fisik para pemain.

Timnas Indonesia saat ini menjalani TC sebagai persiapan Piala AFF 2022. Pelatih asal Korea Selatan itu punya jadwal padat.

Shin Tae-yong menegaskan para pemain harus menjalani latihan angkat berat di pagi hari. Sedangkan pada sore hari, skuad Garuda akan digembleng di lapangan.

Baca Juga:
Analisis Peluang 4 Wakil Asia yang Tersisa untuk Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022

Pelatih berusia 52 tahun ini juga menekankan penguatan fisik para pemain. Hal itu demi taktiknya bisa berjalan sesuai keinginan.

"Sebaik apapun kemampuan kita kalau tidak ada fisik dasar dan tidak kekuatan dasar, pasti kita tidak bisa melakukan permainan yang baik. Saya salah satu orang yang punya prinsip itu," ucap Shin Tae-yong dikutip dari akun YouTube PSSI.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong menyinggung soal sepak bola modern. Ia mau agar para pemain tidak terpaku dengan posisi bermainnya, tapi mereka harus siap untuk dalam membantu serangan atau bertahan.

Baca Juga:
5 Situs Streaming Nonton Piala Dunia 2022, Bisa Jadi Alternatif

Pemain Timnas Indonesia berlari mengelilingi lapangan di Training Ground Bali United, Pantai Purnama, Gianyar, Bali, Senin (28/11/2022) (ANTARA/Genta Tenri Mawangi)

"Sepak bola modern sekarang terbagi dua, maksudnya offense dan defense. Tapi semua harus bermain di berbagai posisi, itu yang harus kalian ingat. Pemain Indonesia biasanya hanya dibagi antara offense dan defense, sekarang tidak ada seperti itu."

"Bek bisa menyerang, sedangkan striker bisa bantu pertahanan. Tidak bisa lagi seperti striker di depan saja, dan bek hanya bertahan. Biar kita bisa melakukan permainan seperti itu, ya kita harus menguatkan fisik dasar," tegasnya.

Adapun TC timnas Indonesia ini akan digelar hingga 21 Desember mendatang. Skuad Garuda nanti akan melakoni laga pertama Piala AFF 2022 melawan Kamboja yang dijadwalkan 23 Desember 2022.

Baca Juga:
Link Live Streaming Australia vs Denmark di Piala Dunia 2022, Kick Off 22.00 WIB

Load More