Muhammad Ilham Baktora
Stadion KLFA di Malaysia yang jadi homebase Brunei Darussalam dalam perhelatan Piala AFF 2022. (Instagram/@klcityfootball)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia akan menghadapi Brunei Darussalam di babak penyisihan Grup A Piala AFF 2022 yang digelar 26 Desember mendatang. Namun Tim Merah Putih tidak akan terbang ke Brunei Darussalam melainkan ke Malaysia.

Indonesia akan mengawali laga perdananya di Stadion Kuala Lumpur FA (KLFA). Bukan tanpa alasan pertandingan pertama itu dialihkan ke Malaysia. Sebab, Timnas Brunei Darussalam tidak bisa menggunakan Stadion Nasional Hassanal Bolkiah di Bandar Seri Begawan karena sedang direnovasi.

Menelisik lebih jauh stadion KLFA, venue untuk pertandingan sepak bola ini terletak di Jalan Tenteram 1, Bandar Tun Razak, 56000 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

Stadion KLFA ini sendiri dapat menampung lebih sekitar 18 ribu penonton. Stadion ini disebut juga tempat yang multifungsi untuk digunakan segala kegiatan yang membutuhkan tempat menampung banyak orang.

Stadion KLFA sendiri pernah digunakan klub Liga 1 Indonesia, PSM Makassar berhadapan dengan Kuala Lumpur City FA pada babak penyisihan di Piala AFC, Juni 2022 lalu.

Potret kondisi Stadion KLFA Malaysia yang menjadi homebase Brunei Darussalam di Piala AFF 2022. (Instagram/@klcityfootball)

Ada Insiden yang tak mengenakkan setelah Piala AFC itu usai. Para pemain PSM Makassar malah dapat serangan dari suporter Kuala Lumpur City saat kembali. Padahal Kuala Lumpur City sudah mengemas kemenangan mutlak dengan menggulung PSM Makassar dengan skor 5-2.

Terlpeas dari insiden itu, Stadio KLFA sendiri juga bertaraf Internasional. Pada Kejuaraan Sepak Bola ASEAN 2004, KLFA juga digunakan untuk pertandingan anatara Thailand vs Filipina dan juga Singapura vs Myanmar.

Timnas Indonesia yang akan menghadapi Brunei Darussalam, juga diuntungkan ketika bermain di Stadion KLFA. Seperti diketahui banyak Warga Negara Indonesia (WNI) yang menetap bahkan bekerja di Malaysia. Sehingga dukungan para suporter bisa jadi menjadi pelecut semangat Sandy Walsh dkk meraih hasil positif di laga perdana Piala AFF 2022.

Hingga kini, skuad Garuda masih menjalani pemusatan latihan di Bali. Sejumlah nama seperti Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, Sandy Walsh, Saddil Ramdani dan lain-lain sudah merapat untuk mendapatkan menu latihan dari pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

Load More