Husna Rahmayunita
Sandy Walsh menggunakan kaus Timnas Indonesia (Instagram/sandywalsh)

Bolatimes.com - Pemain keturunan Sandy Walsh diharapkan menambah kekuatan Timnas Indonesia setelah proses pindah dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI disetujui FIFA.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyambut positif alih federasi Sandy Walsh. Ia berharap penggawa klub Belgia, KV Mechelen itu bisa membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 dan Piala Asia 2023.

"Alhamdulillah dengan ini Sandy Walsh sudah bisa melakoni pertandingan bersama Timnas Indonesia. Kami berharap dia dapat menambah kekuatan Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022 dan Piala Asia mendatang, " kata Iriawan dikutip dari laman PSSI, Rabu (30/11/2022).

Alih federasi Sandy Walsh disetujui dalam surat bernomor Ref FPSD-8308 yang ditandatangani oleh ditandatangani oleh FIFA Head of Player's Status Erika Montemor. Surat tersebut dikirim ke PSSI, Selasa (29/11/2022).

Sandy Walsh dan Jordi Amat sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan mempunyai KTP sejak 17 November lalu. Keduanya juga telah memiliki paspor Indonesia.

Berbeda dari Sandy Walsh, proses perpindahan federasi Jordi Amat dari Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) ke PSSI masih menunggu keputusan dari FIFA.

"Untuk proses perpindahan Jordi Amat tinggal menunggu waktu saja. Kami optimistis dalam waktu dekat FIFA akan memberikan keputusan terkait perpindahan federasi Jordi Amat, " tambah Iriawan.

Kedua pemain tersebut dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia sebagai persiapan Piala AFF 2022 di Bali mulai 28 November 2022.

Piala AFF 2022 akan digelar pada 20 Desember 2022-16 Januari 2023. Timnas Indonesia tergabung dalam Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

Load More