Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha
Sandy Walsh dan Jordi Amat memegang syal Indonesia. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Proses pindah federasi dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia Jordi Amat dan Sandy Walsh masih terus dikejar jelang Piala AFF 2022.

Pindah federasi menjadi syarat penting bagi Jordi Amat dan Sandy Walsh untuk bisa tampil di Piala AFF 2022 yang digelar pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023.

Jordi Amat harus pindah dari Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) menjadi PSSI. Sementara Sandy Walsh mesti hijrah dari Federasi Sepakbola Belanda (KNVB) ke PSSI.

Demi proses tersebut selesai cepat, PSSI mengirim orang buat menyelesaikannya. Saat ini dikatakan Yunus sudah ada di Qatar buat bertemu wakil FIFA yang mengurusi perpindahan federasi.

"Sementara (perpindahan federasi) dalam proses. Ini staf saya sedang di Qatar dan bertemu langsung dengan FIFA yang menangani hal ini," kata Yunus kepada awak media, Senin (28/11/2022).

Apabila proses perpindahan rampung, kedua pemain itu juga belum tentu tampil di Piala AFF 2022 terlebih untuk Sandy Walsh. Ini karena kejuaraan itu di luar agenda FIFA sehingga sah saja klub tidak melepasnya.

Hal sama berlaku untuk Elkan Baggott. Pemain Gillingham FC tersebut kabarnya baru dilepas klub jika Timnas Indonesia lolos ke babak semifinal.

"Untuk saat ini kan baru pernyataan dari klubnya. Kami sudah menyampaikan ke klubnya untuk main di Piala AFF, sampai sekarang belum dijawab. Sampai sekarang belum ada kepastian," tutupnya.

Timnas Indonesia berada di Grup A Piala AFF 2022 bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Skuad Garuda mengincar gelar juara.

Load More