Irwan Febri Rialdi
Pemain Timnas Indonesia U-23 Witan Sulaeman dan Fachruddin Aryanto saat lawan Timor Leste di lanjutan SEA Games 2021, Selasa (10/5/2022). (Instagram/PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, berupaya mengkombinasikan deretan pemain muda bertalenta dengan penggawa-penggawa senior yang berpengalaman untuk menghadapi Piala AFF 2022.

Dari total 28 nama pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk menjalani masa persiapan awal, sebetulnya rata-rata usia skuad timnas Indonesia ini hanya menyentuh 23,9 tahun.

Artinya, ada lebih banyak pemain muda ketimbang pemain yang tua dalam skuad Garuda kali ini. Itu juga tak terlepas dari hadirnya tiga pemain muda asal timnas U-20 yang juga diangkut oleh Shin Tae-yong.

Apabila dibandingkan, ada satu nama pemain muda yang secara usia sangat kontras dengan pemain yang berusia paling senior di skuad timnas Indonesia saat ini.

Sosok pemain termuda tersebut ialah Marselino Ferdinan, gelandang muda bertalenta yang sudah menjadi andalan Persebaya Surabaya di Liga 1 2022-2023.

Meskipun saat ini usianya baru menginjak 18 tahun, tetapi Marselino Ferdinan sudah berhasil mendapatkan tempat utama di tim asuhan Shin Tae-yong, terutama di skuad timnas U-20.

Tak hanya itu saja, Marsel juga sudah mendapat kesempatan debut dari pelatih asal Korea Selatan itu sejak 27 Januari 2022. Sejauh ini, gelandang kelahiran 9 September 2004 itu sudah mencetak satu gol dari tujuh laga.

Usia Marsel ini ternyata terpaut jarak hingga 15 tahun dengan pemain yang berstatus sebagai sosok paling senior di skuad timnas Indonesia saat ini, yakni Fachruddin Aryanto.

Sebab, pemain yang kerap kali dipercaya Shin Tae-yong untuk menjadi kapten skuad Merah Putih ini usianya telah menginjak 33 tahun.

Bek yang kini berkarier bersama Madura United itu tercatat lahir di Klaten, Jawa Tengah, pada 19 Februari 1989. Fachruddin diprediksi masih akan menjadi salah satu opsi untuk mengisi jantung pertahanan.

Sebab, dia sudah memiliki pengalaman yang cukup melimpah di level internasional. Untuk ajang Piala AFF saja, Fachruddin sudah tercatat mengikuti lima edisi yang berbeda.

Sebelum edisi 2022, dia sudah sempat memperkuat timnas Indonesia pada edisi 2012, 2014, 2016, 2018, dan 2020. Sayangnya, belum ada satu gelar juara yang sukses dibawa Fachruddin untuk Indonesia.

Sebetulnya, Fachruddin bukan satu-satunya pemain timnas Indonesia yang sudah memasuki usia kepala tiga. Satu pemain lainnya yang telah menginjak umur 30 tahun ialah Jordi Amat.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More