Irwan Febri Rialdi
Selebrasi Elkan Baggott bersama rekan-rekan Timnas Indonesia usai membantai Nepal. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Elkan Baggott besar kemungkinan tidak akan tampil di fase grup Piala AFF 2022. Kabar ini diwartakan oleh media asal Inggris, TWTD.

Seperti yang sudah dijadwalkan, Timnas Indonesia sudah melakoni pemusatan latihan di Bali per hari ini, Senin (28/11/2022). Namun, belum nampak wajah Elkan di dalam skuad.

Adapun, Shin Tae-yong diketahui baru saja tiba di Indonesia setelah memimpin TC Timnas Indonesia U-20 di Eropa. Sebelum pulang, Shin sempat pergi ke Belgia dan Inggris.

Tujuan Shin Tae-yong adalah melobi klub Elkan (Gillingham FC) dan Sandy Walsh (KV Mechelen) untuk bisa melepaskan dua pemain tersebut ke Piala AFF 2022.

Namun, besar kemungkinan Elkan tak bisa bergabung sejak awal karena kompetisi di Inggris masih berjalan saat Piala AFF 2022 bergulir pada 20 Desember mendatang.

Di kejuaraan tersebut, Timnas Indonesia tergabung dalam Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam. Skuad Garuda mengincar gelar juara usai enam kali harus puas jadi runner up.

Kendati demikian, Shin Tae-yong masih punya alternatif line-up lain jika nantinya Elkan Baggott benar-benar tidak bisa bergabung dengan skuad Timnas Indonesia.

Dengan asumsi tidak hadirnya Elkan, Shin Tae-yong bisa menerapkan pola dasar 3-4-3 dalam line-up Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Di posisi penjaga gawang, nama Nadeo Argawinata besar kemungkinan masih akan dipercaya jadi pilihan utama.

Untuk menopang lini belakang, Shin Tae-yong bisa mempercayakan kepada sosok berpengalaman macam Fachruddin Aryanto.

Selain bek Madura United itu, Shin juga bisa memasang Rizki Ridho sebagai pemain muda dan Jordi Amat yang besar kemungkinan bisa bergabung membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Sementara untuk dua posisi wing back, bisa dipercayakan kepada Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam. Kedua pemain ini memang selalu jadi pilihan utama Shin Tae-yong di sisi lapangan.

Lalu dua gelandang sentral bisa diserahkan kepada Rachmat Irianto dan Marc Klok. Irianto akan bertindak sebagai gelandang bertahan dan Klok bakal berfungsi mengatur ritme pertandingan.

Kemudian di lini depan, Dimas Drajad besar kemungkinan bakal menjadi pilihan utama di sektor penyerang. Striker Persikabo 1978 ini akan diapit oleh Saddil Ramdani dan Witan Sulaeman.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More