Husna Rahmayunita
Jordi Amat dan Sandy Walsh dapat paspor Indonesia. (Instagram/@mochamadiriawan84)

Bolatimes.com - Dua pemain naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh telah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI). Setelah KTP, keduanya kini juga memiliki paspor Indonesia.

Hal itu terlihat lewat unggahan yang dibagikan oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Instagram pribadinya, Minggu (28/11/2022).

Tampak foto yang memperlihatkan Jordi Amat dan Sandy Walsh tengah memegang paspor dengan sampul bergambar butung garuda.

Iriawan menyebut dirinya baru saja mendapat pesan dari utusan PSSI yang mengurus proses naturaliasai Hamdan Hamedan tentang paspor dua pemain keturunan.

"Satu foto menampilkan @jordiamat5 bersama bung hamdan. Terlihat Jordi tersenyum sambil memegang sebuah paspor dengan cover burung garuda. Foto yang lainnya, terlihat @sandywalsh sedang memegang paspor indonesia bersama Bapak Duta Besar RI untuk Belgia, Bapak Sulaiman Syarif," tulisnya sebagai narasi.

Dengan begitu, kata Iriawan, Jordi Amat dan Sandy Walsh semakin sah menjadi WNI. Ia berharap, keduanya berpartisipasi membela Timnas Indonesia dalam ajang Piala AFF 2022 yang berlangsung pada Desember mendatang.

"Alhamdulillah, paspor sudah selesai. Artinya Shandy dan Jordy semakin sah menjadi Warga Negara Indonesia," sambungnya.

"Setelah ini Sandy dan Jordi akan bergabung dalam Training Center Timnas Senior. Terdekat, Indonesia akan terlibat dalam Kompetisi AFF Mitsubishi Electric Cup 2022. Semoga Indonesia bisa menoreh hasil yang maksimal dalam event ini," pungkasnya.

Adapun Jordi Amat dan Sandy Walsh termasuk dari 28 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia sebagai persiapan Piala AFF 2022.

Namun untuk bisa tampil di kejuaraan tersebut, Jordi Amat dan Sandy Walsh harus melalui proses perpindahan federasi setelah resmi jadi WNI.

Jordi Amat harus pindah dari Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) menjadi PSSI. Sementara Sandy Walsh  mesti hijrah dari Federasi Sepakbola Belanda (KNVB) ke PSSI. PSSI dilaporan telah mengirim dokumen permohonan kepada FIFA untuk proses alih federasi pemain keturunan.

Load More