Husna Rahmayunita
Timnas Indonesia U-20 sebelum laga melawan Antalayaspor U-20 (PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong meminta anak asuhnya bermain lebih tenang usai kalah dari Slovakia U-20 dan Prancis U-20 di laga uji coba yang digelar di Spanyol.

Shin Tae-yong menyoroti performa Timnas U-20 saat berada di area terlarang. Ia meminta skuadnya main tenang agar terhindar dari hukuman penalti.

"Pemain seharusnya tidak terburu-buru," ujar Shin, dikutip dari keterangan PSSI, Sabtu (19/11) malam.

Timnas Indonesia U-20 mendapatkan tiga kali sanksi sepakan penalti pada dua laga uji coba yang sudah dilewati di Spanyol, masing-masing dua saat menghadapi Prancis dan sekali ketika berjumpa Slovakia.

Saat menghadapi Prancis, Kamis (17/11) malam waktu Spanyol, Indonesia kebobolan satu gol dari titik putih yang dieksekusi penyerang lawan Matthis Abline. Satu penalti lain, yang disepak Loum Tchaouna mampu ditepis kiper Daffa Fasya. Indonesia kalah 0-6 pada pertandingan tersebut.

Sementara ketika menghadapi Slovakia, Sabtu (19/11), keunggulan satu gol Indonesia sejak babak pertama disamakan oleh gol penalti Slovakia yang dibuat Timotej Jambor. Timnas U-20 Indonesia takluk 1-2 pada laga tersebut.

Walau begitu, secara umum, Shin Tae-yong senang dengan performa para pemainnya sejauh ini. Juru taktik asal Korea Selatan itu menilai para pemainnya sudah menunjukkan upaya maksimal, terlepas dari kekalahan yang mereka dapatkan.

"Namun, khusus saat melawan Slovakia, wasit sedikit memihak lawan," tutur Shin.

Laga-laga persahabatan timnas U-20 Indonesia di Spanyol, yang dilakukan di sela TC, menjadi salah satu persiapan menuju Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023. Sebelumnya, Indonesia menjalani TC di Turki.

Selama TC di Turki, yang berlangsung mulai 16 Oktober-13 November 2022, skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong melakukan tujuh laga uji coba, di mana tiga di antaranya berakhir dengan kemenangan untuk Indonesia.

Adapun Piala Asia U-20 2023 akan digelar pada 1-18 Maret 2023 di Uzbekistan. Piala Dunia U-20 2023 berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023 di Indonesia.

(Antara)

Load More