Irwan Febri Rialdi
Aksi Rafael Struick saat berduel melawan pemain Timnas Slovakia U-20. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Striker berdarah Indonesia-Belanda, Rafael Struick, tampil mengesankan dalam pertandingan debutnya bersama Timnas Indonesia U-20 saat beruji coba melawan Slovakia di Pinatar Arena, Spanyol, Sabtu (19/11/2022).

Tampil sebagai starter, Rafael Struick langsung mencetak gol untuk Timnas Indonesia U-20. Ia melesakkan golnya pada menit ke-28.

Berawal dari umpan silang dari Dzaky Asraf, Rafael Struick dengan tenang membelokkan bola yang kemudian tak mampu dijangkau kiper Slovakia.

Permainan apik membuat Rafael Struick penasaran. Siapa sih sebenarnya dia?

Berikut Bolatimes.com sajikan profil Rafael Struick.

Profil Rafael Struick, Striker Keturunan Indonesia yang Main di ADO Den Haag

Rafael Struick merupakan penyerang muda milik ADO Den Haag yang lahir pada 27 Maret 2003 atau 19 tahun silam di Leidschendam, Belanda.

Ia sendiri merupakan pemain keturunan Indonesia. Dirangkum dari berbagai sumber, darah Indonesia yang ada di tubuhnya mengalir dari sang ayah.

Lahir dan besar di Belanda, Struick pun mengawali kiprahnya di negeri Kincir Angin itu dengan bergabung tim RKAVV pada usia muda.

Dari sana ia kemudian berlanjut ke Forum Sport, sebelum akhirnya memutuskan bergabung akademi klub profesional Belanda, ADO Den Haag.

Terhitung sejak 2020 lalu, Struick telah bermain bagi tim kelompok umur ADO Den Haag, di mana ia dengan cepat naik kelas hingga mencapai tim utama.

Selama membela tim U-18 dan tim U-21 ADO Den Haag, Struick telah mencatatkan 26 penampilan di segala ajang dengan sumbangan 7 gol dan 6 assist.

Kiprahnya kemudian membuatnya naik kelas ke tim utama pada 2022 ini, kala dirinya melakoni debut bersama ADO Den Haag di Eerste Divisie (kasta kedua Belanda) melawan FC Emmen.

Karena berhasil debut bersama tim utama, ADO Den Haag pun memberikan kontrak profesional pada Struick di bulan Juni 2022 lalu dengan durasi kontrak hingga 2024.

Meski tampil apik di tim kelompok umur, pemain yang biasa bermain sebagai winger kiri ini ternyata tak pernah sekalipun dipanggil membela Timnas Belanda.

Alhasil, proses naturalisasi Struick pun diprediksi akan berjalan mudah, sehingga ia bisa membela Timnas Indonesia U-20 dan juga senior di masa mendatang.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More